Skenario Timnas Indonesia U-23 untuk Lolos ke Semifinal SEA Games 2019

Timnas Sea Games 2019
Timnas Sea Games 2019 (PSSI)

KLIKPOSITIF -- Grup B SEA Games 2019 masih belum bisa dipastikan dua tim yang bakal melaju ke semifinal. Persaingan di Grup B ini terbilang cukup ketat karena Vietnam, Indonesia, dan Thailand masih berpeluang lolos.

Hingga pertandingan keempat, Vietnam masih jadi pemuncak klasemen Grup B dengan torehan 12 poin. Timnas Indonesia U-23 ada di peringkat kedua dengan sembilan poin.

baca juga: Wajah Baru di TC Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Ikutkan Pencetak Gol Terbanyak Piala Soeratin U-15

Disusul oleh Thailand di ranking tiga dengan poin serupa. Indonesia bisa mengungguli Thailand karena menang selisih gol.

Tentunya, pertandingan pamungkas yang akan berlangsung, Kamis (5/12/2019) akan jadi penentunya. Di mana Indonesia melawan Laos, sementara Vietnam akan saling bunuh dengan Thailand.

baca juga: Gabriel Batistuta Sambut Kelahiran Cucu Pertamanya

Lantas bagaimana cara agar timnas Indonesia U-23 melaju ke semifinal ?

Indonesia lolos jika...

baca juga: Pemerintah Siapkan Rp600 Miliar untuk TC dan Piala Dunia U-20 2021

Sejatinya, Indonesia hanya butuh hasil lebih baik dari yang didapatkan oleh Thailand di laga pamungkas.

Jika Thailand dikalahkan oleh Vietnam, Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk ke semifinal. Jika Thailand seri, Indonesia wajib mengalahkan Laos.

baca juga: Karena Hal Ini, PSSI Coret Mandala Krida dari Venue PD U-20

Lalu bagaimana jika nantinya Thailand mengalahkan Vietnam? Tentu Indonesia juga harus harus menang melawan Laos, namun dengan gol lebih banyak dari yang didapatkan Thailand.

Sebagai contoh, Thailand mengalahkan Vietnam 1-0. Indonesia harus menang 1-0 atau lebih melawan Laos. Ini dikarenakan Indonesia unggul selisih satu gol dari Thailand.

Indonesia juga masih berpeluang menjadi Grup B SEA Games 2019. Tentu, syarat utamanya adalah Vietnam kalah dari Thailand dan Indonesia menang atas Laos.

Ketiga tim akan memiliki 12 poin dari lima pertandingan. Indonesia akan lolos sebagai juara grup jika jumlah gol yang dibuat dari pertandingan melawan Laos lebih banyak dari Vietnam dan Thailand.

Tentu posisi Indonesia juga belum aman. Garuda Muda bisa tidak lolos jika dikalahkan oleh Laos. Vietnam dan Thailand hanya butuh hasil imbang untuk lolos bersama.

Kemungkinan lain juga bisa terjadi. Yaitu Indonesia kalah dari Laos, sementara Thailand mampu kalahkan Vietnam.

Klasemen sementara Grup B:

1. Vietnam, 4 main, 12 poin (selisih gol +13)
2. Indonesia, 4 main, 9 poin (+11)
3. Thailand, 4 main, 9 poin (+10)
4. Laos, 4 main, 4 poin (-4)
5. Singapura, 4 main, 1 poin (-6)
6. Brunei Darussalam, 4 main, 0 poin (-24)

Penulis: Eko Fajri