Grup Neraka, Barcelona Kalahkan Intermilan 2-1

Suarez berhasil mencetak dua gol buat Barcelona
Suarez berhasil mencetak dua gol buat Barcelona (net)

KLIKPOSITIF -Barcelona berhasil meraih poin penuh saat menjamu Intermilan pada matchday kedua Liga Champions Kamis, 3 Oktober 2019 dini hari. Bermain di Camp Nou, tuan rumah berhasil menang 2-1 lewat dua gol yang diciptakan Luiz Suarez.

Publik Camp Nou sempat tersentak oleh gol cepat Intermilan yang tercipta di awal pertandingan. Lautaro Martinez yang mnerima bola dari lapangan tengah berhasil menusuk ke dalam kotak penalti. Tendangan kaki kirinya tak berhasil dihadang oleh Ter Stegen. Pada menit ke-3 Inter sudah unggul 1-0. 

baca juga: Atlanta Berpeluang Besar Singkirkan PSG di Perempat Final Liga Champions

Barcelona memang tampil mendominasi, tiga penyerang utamanya turun sejak awal. Greizman di kiri, Suarez di tengah dan Messi beroperasi di kanan. de Jong dan Busquets menjadi penyalur bola di lapangan tengah. Meski begitu, Barcelona cukup kewalahan menembus pertahanan Inter yang cukup ketat di dalam kotak penalti. Meski kedua tim bermain terbuka, tempo pertandingan berjalan sedikit lambat.

Barcelona tidak memainkan bola cepat dari kaki ke kaki seperti biasa. Anak asuh Ernesto Velverde berkutat di depan kotak penalti berupaya mencari celah. Inter yang membiarkan garis pertahan jauh di dalam kotak penalti berhasil bermain sabar di belakang. Ketika berhasil mencuri bola, umpan silang di tengah lapangan dengan pola yang tidak biasa dimainkan di bawah komando Sensi. Ada kalanya pola ini membuka ruang yang cukup lebar di pertahanan Barcelona yang berujung peluang.

baca juga: Benarkah Liga Champions 2019/2020 Harus Selesai Sebelum 3 Agustus? Ini Jawab UEFA

Namun selain gol Martinez, tidak satu pun gol lain tercipta di babak pertama.

Di babak kedua, Barcelona terus menekan dan menciptakan beberapa peluang. Sedang pasukan Antonio Conte hanya berupaya membuang bola, sembari menjalan bola ke depan. Namun Alexis Sanchez dan Martinez di depan tidak banyak mendapat bola, peluangnya nihil. 

baca juga: Ramos Samai Rekor Minor Ibrahimovic dan Edgar Davids

Velverde menarik Busquest dan Griezman, mengganti mereka dengan Arturo Vidal dan Ousmane Dembele. Pergantiangn ini membuat lini tengah Barcelona lebih beriak. Pada menit ke-58 Vidal mengirim umpan lambung dari sisi kiri depan kotak penalti Inter. Suarez yang berada di sisi kanan menyambutnya dengan tendangan kaki kanan. Bola meluncur ke sudut kiri gawang Handanovic, tak terjangkau, skor berubah 1-1.

Setelah skor imbang, tekanan yang diberikan Barcelona makin menjadi-jadi. Sedang Inter hanya berupaya bertahan dengan sesekali mencoba mencuri kesempatan dengan serangan balik. Gol yang ditunggu-tunggu publik Camp Nou itu akhirnya datang juga diujung pertandingan.

baca juga: Pecundangi 'Tim Fenomenal' Liverpool, Simeone: Kami Tetap Membumi

Mengiring bola dari sisi kanan, Messi berhasil mengecoh Asamoah dan melewati penjangan dua pemain Inter lainnya. Di depan kotak penalti dia melepas umpan datar di depan kotak penalti. Suarez mengontrol bola itu agak jauh, dan mengejarnya kembali. Dia melewati penjagaan Godin dan melepaskan tendangan kaki kiri yang tak mampu dihadang Handanovic. Pada menit ke-84 Barcelona unggul 2-1. Hasil itu bertahan hingga pertandingan usai.

Raihan tiga poin membuat Barcelona kini berada di posisi kedua grup F atau grup Neraka. Meski sama-sama mencatat 4 poin, Dortmund unggul selisih gol. Sedangkan Intermilan dengan raihan poin satu berada di dasar grup. Pada Matchday ketiga, Barcelona akan menghadapai Slavia Praha. Sedangkan Intermilan akan menjalani laga berat melawan Dortmund.

Penulis: Ramadhani