Jamu Persipura, PSS Sleman Gagal Raih Poin Sempurna

PSS Sleman ditahan imbang Persipura di kandang sendiri
PSS Sleman ditahan imbang Persipura di kandang sendiri (Ade Suhendra/Klikpositif)

SLEMAN, KLIKPOSITIF -- PS Sleman gagal curi poin sempurna saat menjamu Persipura di Stadion Maguwoharjo, Kamis 19 September 2019. Tim asuhan Seto Nurdiyantoro ini harus rela berbagi angka usai bermain imbang 1-1 di laga perdana putaran kedua Liga 1 Shopee.

Bermain dihadapan ribuan pendukungnya, Tim Super Elang Jawa hampir tunduk bertemu Tim Mutiara Hitam. Pasalnya, penjaga gawang Ega Rizky Pramana harus memungut bola di gawangnya di menit akhir babak pertama usai tandukan M.Tahir merobek gawang PS Sleman.

baca juga: Lampu Hijau FIFA, PSSI Resmi Buka Bursa Transfer Liga 1 2020

Sejak kick of, tim asuhan Jacksen F. Thiago tampil lebih impresif dan menguasai jalannya pertandingan. Peluang demi peluang tercipta namun belum bisa merubah kedudukan.

Peluang emas tercipta di menit 31 lewat pemain muda bernomor punggung 46, Todd Rivaldo Albert Ferre. Sebuah tendangan jarak jauh yang dilepaskannya membentur mistar gawang PS Sleman.

baca juga: Jelang Kompetisi Bergulir, PSS Sleman Gelar Latihan Perdana Setelah 5 Bulan Off

Tidak mau tertekan, PS Sleman mencoba berbalik menyerang lewat beberapa pemain asingnya. Memasuki menit 34, Guilherme Felippe de Castro memiliki peluang membawa tim tuan rumah unggul.

Namun tendangan di luar kotak penalti yang dilepaskannya masih belum akurat dan melebar ke sisi kiri penjaga gawang Persipura, Dede Sulaiman. Jelang berakhirnya babak pertama, keberuntungan berpihak kepada tim tamu Persipura.

baca juga: Ini Penjelasan PT LIB soal Uang Subsidi untuk Liga 2 2020

M. Thahir, pemain bernomor punggung 32 Persipura berhasil merobek gawang Ega Rizky Pramana lewat sundulan menerima umpan Todd Ferre yang berawal dari tendangan bebas. Persipura menutup babak pertama dengan skor 0-1.

Setelah kembali dari ruang ganti, PS Sleman mencoba memasukkan pemain tengah Brian Federico Fereira. Hasilnya, pemain asing tersebut berhasil membahayakan lini belakang Persipura yang dijaga ketat oleh Andre Ribeiro Dos Santos, M. Thahir, Ricardo Salampessy, dan Yohanis Tjoe.

baca juga: Demi Timnas Indonesia, PT LIB Hapus Sistem Degradasi di Liga 1 2020

Sebuah peluang lahir lewat Ricky R. Kambuaya yang melepaskan tendangan kaki kirinya. Namun bola yang masih melebar belum mampu merubah skor 0-1 keunggulan untuk Boaz Theofilus Erwin Solossa dkk.

Bertekad meraih poin sempurna, Coach Seto Nurdiyantoro kembali melakukan pergantian pemain dengan mengeluarkan Ricky R. Kambuaya dan memasukkan Haris Tuharea di menit 72.

Berselang beberapa menit kemudian, usaha tim kebanggaan Kabupaten Sleman ini berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah Rangga Muslim Perkasa menjebol gawang Persipura.

Masuknya Brian dan Haris Tuharea ternyata memberikan semangat dan perubahan skema bermain PS Sleman. Kerjasama Brian Fereira dengan Rangga berbuah menjadi gol indah bagi Tim berjuluk Super Elang Jawa tersebut.

Menerima umpan dari Brian Fereira, Rangga menusuk ke jantung pertahanan dan berhasil menerobos lini belakang Persipura. Aksi individunya tersebut juga mengecoh pemain terakhir Persipura yaitu penjaga gawang Dede Sulaiman.

Berhasil melewati kiper, Rangga pun melepaskan tendangan ke mulut gawang yang tidak dijaga oleh pemain Persipura. Skor imbang 1-1 membuat permainan keras dan cepat tidak bisa dihindari oleh masing-masing tim.

Akibatnya, wasit Rully Ruslin Tambuntina asal Jawa Timur harus mengeluarkan beberapa kartu kuning kepada pemain PS Sleman dan Persipura. Skor imbang 1-1 ini pun juga menjadi skor akhir laga perdana PS Sleman saat menjamu tim Persipura.

(Ade Suhendra)

Foto:
Suasana laga PS Sleman kontra Persipura di Stadion Maguwoharjo, Sleman. ( KLIKPOSITIF /Ade Suhendra)

Penulis: Rezka Delpiera