Liga 1 2019 Dilaunching, PSS vs Arema Jadi Laga Pembuka

Shopee Liga 1
Shopee Liga 1 (Ist)

KLIKPOSITIF --  Liga 1 2019  resmi akan bergulir pada 15 Mei mendatang, di mana laga antara PSS Sleman vs Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta diplot menjadi pertandingan pembuka. Sebelum laga tersebut bergulir, PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar launching yang menandakan kompetisi kasta tertinggi di Indonesia ini dimulai.

Launching dilakukan di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (13/5/2019). Pada kesempatan itu pula, PT LIB memperkenalkan sponsor yang terlibat di Liga 1 2019 . Untuk kesempatan ini, Perusahaan e-commerce, Shopee menjadi sponsor utama Liga 1 2019 menggantikan Gojek.

baca juga: Ini 7 Regulasi Baru yang Mungkin Dipakai di Liga 1 2020

Dimulainya Liga 1 2019 ditandai dengan bunyinya alarm yang dinyalakan bersamaan oleh perwakilan PT LIB, PSSI, dan pihak Sponsor. Kemudian disusul dengan parade jersey peserta Liga 1 2019 .

"Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya kami sepakat dengan Shopee sebagai sponsor utama Liga 1 2019 . Kami berharap kesepakatan ini menjadi tonggak untuk menuju prestasi yang lebih baik," ujar Direktur PT LIB, Dirk Soplanit saat memberikan kata sambutan, Senin (13/5/2019) melansir suara.com (jaringan KLIKPOSITIF .com)

baca juga: Ini Profil Pemain Tim Liga Inggris yang Dipanggil TC Timnas Indonesia

Liga 1 2019 diikuti oleh 18 tim. PSS Sleman, Semen Padang, dan Kalteng Putra menjadi pendatang baru pada musim ini setelah promosi dari Liga 2 musim lalu.

Setiap klub berhak mendapatkan uang subsidi senilai Rp 5 miliar. Jumlah tersebut turun dari musim sebelumnya yang berjumlah Rp 7,5 miliar.

baca juga: Mantan Pemain FC Twente Tinggalkan Tira Persikabo, Ini Alasannya

Sementara untuk pemegang hak siar, masih sama seperti musim sebelumnya yaitu Emtek. Namun, yang membedakan adalah seluruh pertandingan bakal disiarkan secara langsung. Dengan rincihan 160 pertandingan di Indosiar dan 78 laga di O Channel.

"Tayangan sepak bola nasional sudah menjadi signature kami. Konsisten Indosiar ini berbuah semakin meluasnya penggemar tayangan sepak bola nasional di seluruh lapisan masyarakat," ujar Direktur Programming SCM, Harsiwi Achmad.

baca juga: PSSI: Klub-klub Luar Pulau Jawa Setuju Liga 1 2020 Terpusat di Yogyakarta

Sementara itu, Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu gelaran Liga 1 2019 ini. Pihaknya berharap edisi kali ini lebih meriah ketimbang sebelumnya.

"PSSI berterima kasih kepasa pihak-pihak yang membantu bergulirnya Liga 1 2019 . Kami harap operator, klub, hingga suporter mendukung suksesnya kompetisi kasta tertinggi di Indonesia ini," tambah Tisha.

Penulis: Rezka Delpiera