Pemain Akui Perjuangan Real Madrid Lebih Berat Tanpa Ronaldo

Aksi memukau Cristiano Ronaldo saat mencetak gol ke gawang Juventus kala masih membela Real Madrid
Aksi memukau Cristiano Ronaldo saat mencetak gol ke gawang Juventus kala masih membela Real Madrid (Net)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Real Madrid hampir dipastikan bakal mengakhiri musim 2018/19 ini dengan tanpa satupun tropi. Hal ini jauh berbeda dengan tiga musim sebelumnya yang menjadi langganan juara Liga Champions.

Kemerosotan prestasi Real Madrid kemudian menjadi pembicaran pecinta sepakbola Spanyol, sebab klub asal ibukota negeri Matador itu tidak bisa apa-apa pasca ditinggal oleh Cristiano Ronaldo ke Juventus dan pelatih Zinedine Zidane.

baca juga: Pengadilan Banding UEFA Batalkan Persidangan Terhadap 3 Klub Pendiri Liga Super

Keburukan itu tidak terlepas dari hasil kerja dua pelatih pengganti Zidane, Julen Lopetegui dan Santiago Solari. Kekalahan keduanya yang paling fatal adalah gagal menang di empat laga El Clasico dan Liga Champions.

Untuk memperbaiki peforma tim, manajemen pun memanggil kembali Zidane dan memecat Solari-pelatih terakhir yang menangani Los Blancos.

baca juga: Ancelotti Sebut Pemain Real Madrid Ini dan 2 Pemain Italia Pantas Jadi Kandidat Peraih Ballon d'Or Tahun Ini

Kedatangan Zidane menjadi harapan bagi El Real untuk mendongkrak prestasi musim depan. Namun, bagi pemain, langkah Zidane untuk memperbaiki prestasi klub peraih gelar Liga Champions terbanyak itu tidaklah mudah.

Salah seorang pemain lini tengah Madrid, Casemiro mengatakan, perjuangan klub saat ini justru lebih berat jika tanpa Ronaldo, meski saat ini dipimpin oleh Zidane.

baca juga: Here We Go! Dilirik Banyak Klub, Pemain Muda Ini Pilih Gabung Real Madrid

"Sekarang kita harus berjuang untuk siapa kita. Kami tidak mencetak gol tetapi kami bekerja keras, banyak bertarung dan menciptakan banyak peluang," katanya.

Melalui Football Espana, ia menyebutkan, saat ini hampir semua orang di ruang ganti merindukan sosok bintang asal Portugal yang telah meraih 5 gelar Ballon d'Or tersebut.

baca juga: Real Madrid Dilaporkan Tawar Mbappe, Akan Jadi Efek Domino Transfer Musim Ini?

"Tentu saja kami merindukannya (Ronaldo), banyak tim di dunia ini pasti merindukan Cristiano. Dia adalah pemain terbaik di dunia," sebut gelandang asal Brazil itu.

"Sebuah kehormatan untuk dapat bermain bersamanya, tetapi situasi sudah berubah dan dia bukan lagi pemain Real Madrid ," tambah pemain kelahiran Sao Paulo tersebut.

Tak dipungkiri, Ronaldo adalah mesin gol Real Madrid dalam beberapa musim terakhir. Terbukti, pemain asal Poetugal itu mampu menyumbang 450 gol dari 438 penampilan selama membela klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu tersebut.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa