Chelsea Terlihat Rapuh Gara-Gara Kepa, Bagaimana Dengan Sarri?

David Luiz saat meminta Kepa mematuhi perintah Sarri untuk keluar dari lapangan
David Luiz saat meminta Kepa mematuhi perintah Sarri untuk keluar dari lapangan (Net)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Putaran laga final Piala Liga Inggris antara Chelsea dan Manchester City menuai insiden yang mengehebohkan antara penjaga gawang Kepa Arrizabalaga dan pelatih Maurizio Sarri .

Di laga itu, Chelsea kalah di laga perebutan keuntungan lewat adu penalti. Sebelum adu penalti dilakukan, Sarri ingin mengganti Kepa dengan kiper keempat Chelsea , Willy Caballero karena alasan kondisi fisik.

baca juga: Petr Cech Didaftarkan di Skuat Chelsea untuk Liga Inggris, Ternyata Ini Alasannya

Namun perintah Sarri itu ditolak mentah-mentah oleh Kepa. Hal ini kemudian menimbulkan tanda tanya soal kredibilitas mantan pelatih Napoli itu di The Blues.

Banyak pihak mengomentari inisiden itu, salah satunya mantan pelatih Manchester United, Jose Mourinho . Ia menilai, sikap Kepa tersebut memalukan.

baca juga: Arsenal Tendang Liverpool dari Piala Liga Inggris 2020/2021

Menurut dia, Kepa telah membuat manajemen Chelsea dan jajaran kepelatihan terlihat rapuh di mata publik Inggris. Meskipun, penolakan itu lebih kepada mempertahankan kepercayaan diri.

"Saya pikir di satu sisi sang penjaga gawang ingin menunjukkan kepribadiannya, kepercayaan dirinya dan ingin mengatakan 'Saya di sini, saya ingin bermain di adu penalti dan menyelamatkan tim, dan saya di sini dengan keyakinan bahwa saya akan terus bermain dan melakukan itu '. Inilah yang saya suka," buka Mou, seperti dikutip DAZN.

baca juga: Big Match di Pekan ke-2 Liga Premier, Prediksi Chelsea Vs Liverpool

Tidak hanya manajemen dan kepelatihan, bagi Mou, tingkah Kepa telah membuat rekan satu timnya jadi rapuh dan tidak mampu memenangi piala liga.

"Tetapi kemudian saya tidak begitu suka dia (Kepa) membuat Manajer, pelatih, dan semua orang yang terlibat jatuh ke dalam situasi yang sangat rapuh, juga termasuk salah satu rekan setimnya sendiri yang siap memasuki lapangan," ucap Mou.

baca juga: Gabung Chelsea, Timo Werner Warisi Nomor Punggung Pedro Rodriguez?

Terlebih lagi saat Caballero kembali ke kursi cadangan setelah Kepa menolak perintah Sarri usai wasit di pinggir lapangan memperlihatkan papan substitusi pemain.

"Akhirnya kami melihat bagaimana dia (Caballero) dilemparkan ke dalam kekacauan yang seharusnya bukan bagian dari dirinya. Itu membuat saya sedih karena ini situasi yang sangat rumit," ungkapnya.

Kepa dan Sarri sendiri sudah mengklarifikasi bahwa insiden itu terjadi karena kesalahpahaman. Sang kiper juga menegaskan dirinya tidak bermaksud untuk melawan keputusan pelatihnya.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa