Gagal Bawa Argentina Juara Copa America, Messi Nyatakan Pensiun dari Timnas

Messi tertidur lemas usai timnya kalah dalam laga final Copa America 2016
Messi tertidur lemas usai timnya kalah dalam laga final Copa America 2016 (net)

KLIKPOSITIF -- Usai kalah dalam laga final Copa America dari Chile, mega bintang Argentina Lionel Messi menyatakan pensiun membela timnas. Argentina kalah 4-2 melalui adu penalti setelah bermain imbang 0-0 di Stadion Metlife dalam waktu normal.

Usai pertandingan, Messi terlihat emosional dan mengatakan setelah pertandingan bahwa karirnya dengan tim nasional sudah berakhir. "Saya berpikir sekarang tentang hal itu di ruang ganti, aku sudah selesai bermain untuk tim Nasional," kata Messi seperti dikutip dari espn.com.

baca juga: Setelah Messi, Kini Luis Suarez Dikhianati Bartomeu?

Ketika ditanya tujuan pensiun, Messi mengatakan itu adalah pilihan yang sulit baginya. Namun, selama ini dia menyebut sudah memberikan yang terbaik untuk timnas. Tapi, tetap saja dia belum bisa memberikan gelar juara.

"Saya sudah mencoba empat final dan tidak bisa menang. Ini lebih menyakitkan dari apapun. Saya ingin lebih untuk memenangkan gelar dengan tim nasional, tapi sayangnya itu tidak terjadi," katanya.

baca juga: Bertahan, Lionel Messi Sebut Bartomeu Bohong

Semenjak aktif membela Timnas Argentina dari tahun 2005 silam, La Pulga belum sekalipun meraih gelar bersama Albiceleste. Tercatat, Messi sudah kali empat ikut partai final bersama Timnas Argentina, yaitu Final Copa America 2007, Final Piala Dunia 2014, Final Copa America 2015 dan yang terakhir Final Copa America Centenario 2016 di mana Argentina gagal meraih gelar dari empat partai final tersebut.

"Saya sudah memikirkannya, seperti saya katakan sebelumnya, saya mencoba segala kemungkinan untuk menang dan itu saja," paparnya.

baca juga: Jika Messi Pergi, Pemain Ini yang Akan Mewarisi Nomor 10 Barcelona

Manajer Argentina Gerardo Martino yang belum pernah mendengar tentang pensiunnya Messi kaget ketika diberitahu media setelah pertandingan. Dia mengatakan kalau seluruh skuat terus bermain untuk Albiceleste meskipun frustrasi mereka dengan AFA.

Menurut Martino, Lionel Messi telah membuat 113 penampilan untuk Argentina dan sudah mencetak 55 gol. "Kesan saya adalah bahwa mereka tidak memiliki alasan untuk tidak melanjutkan. Kami berada di tengah-tengah kualifikasi Piala Dunia. Ini pasti akan sangat sulit," kata Martino.

baca juga: Fans Barcelona Demo, Messi Hengkang ke Manchester United?

[AGE]

Penulis: Agusmanto