Mampukah Messi dan Ronaldo Rebut Ballon d'Or dari Modric?

Luka Modric meraih Ballon d'Or 2018 dan mematahkan dominasi Messi dan Ronaldo
Luka Modric meraih Ballon d'Or 2018 dan mematahkan dominasi Messi dan Ronaldo (Net)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Luka Modric berhasil mematahkan duopoli pemain terbaik di dunia Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo , yang berkuasa atas penghargaan Ballon d'Or sejak tahun 2008 lalu.

Tahun 2018 menjadi era yang gemilang bagi gelandang asal Kroasia tersebut. Usai membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions tiga kali berturut, ia pun mampu mengantarkan Kroasia ke partai final Piala Dunia 2018 melawan Perancis.

baca juga: 4 Kali Menang Berturut-turut, Bonucci: Saat Ada CR7 Juventus Kehilangan Karakter, Sekarang Kembali Sebagai Tim

Meskipun kalah dengan skor 4-2 di final pertandingan internasional sepakbola terbesar di dunia itu, Modric tetap dinobatkan sebagai menjadi pemain terbik FIFA di tahun 2018.

Gelar pemain terbaik itu lah yang mengawali langkah Modric mematahkan dominasi Messi-Ronaldo. Keduanya telah mengumpulkan masing-masing 5 penghargaan Ballon d'Or.

baca juga: Lionel Messi Tinggalkan Barcelona, Ini Penyebabnya

Namun untuk musim 2018/19 ini, langkah Modric untuk mempertahankan gelar tersebut tentu tidak mudah. Ada Mbappe dan Griezmann yang siap menjegal langkahnya.

Mbappe dan Griezmann adalah pemain yang menonjol dari gelar juara yang diraih oleh Perancis di pentas Piala Dunia lalu.

baca juga: Ronaldo, Ibrahimovic Positif Covid-19, The Doctor: Virusnya Punya Selera Bagus

Pada nominasi Ballon d'Or pun, suara yang diperolehnya pun berada di atas Messi yang berada di peringkat lima dan setingkat di bawah Ronaldo di peringkat kedua.

Kendati begitu, bukan berarti mereka tidak punya peluang untuk merebut tropi bola emas dari tangan Modric.

baca juga: Cristiano Ronaldo Positif COVID-19

Di sisi lain, impresifitas Messi dan Ronaldo di kompetisi domestik Italia dan Spanyol juga masih terjaga. Penciptaan gol keduanya di La Liga, Serie A dan Liga Champions patut diwaspadai Modric.

Hingga saat ini, Ronaldo telah mencetak 11 gol dari 18 laga di semua kompetisi, sedangkan Messi membukukan 15 gol dari 15 pertandingan semua kompetisi.

Tapi dari keduanya, Ronaldo adalah sosok yang paling mungkin untuk maju sebagai kandidat teratas Ballon d'Or tahun 2019 mendatang.

Sebab dalam waktu dekat, mantan penyerang Real Madrid itu akan menggeluti laga kualifikasi Piala Eropa (EURO) 2020 mulai Maret hingga November 2019 mendatang.

Menurut Marca, salah satu faktor yang mendukung seorang pemain untuk meraih Ballon d'Or adalah jumlah gol di laga internasional klub maupun tim nasional.

Dua tema kompetisi itu pula yang mempengaruhi peraihan suara untuk pemain tersebut. Namun meskipun gagal membawa Argentina lolos ke partai final di Piala Dunia lalu, Messi masih memiliki peluang besar di tahun depan.

"Mereka akan mencari peringkat keenam untuk pindah ke tempat pertama sebagai pemimpin Ballon d'Or dan, meskipun gagal memenangkannya di 2018, kedua pemain ini tidak boleh dikesampingkan," demikian analisa Marca.

Selain keempat pemain tersebut, hampir bisa dipastikan bahwa tidak ada pemain lain yang membayangi mereka di puncak nominasi Ballon d'Or.

Namun bukan berarti lima bintang sepakbola dunia tersebut bisa melangkah aman, sebab di kontes Liga Inggris, ada dua pemain yang siap menyalip Messi, Ronaldo, Mbappe, Griesmann dan Modric.

Mereka adalah Kevin de Bruyne dan Mohamed Salah. Pada voting Selasa dinihari WIB lalu di Perancis, pemain Manchester City dan Liverpool itu berada di bawah Lionel Messi .

Salah satu dari dua pemain yang paling mungkin mengisi peringkat lima teratas di tahun depan adalah Mohamed Salah, sebab ia menjadi pemain yang mendapatkan penghargaan lewat gol terbaiknya di musim ini atau Puskas Award.

Bagaimana menurutmu? mampukah Messi dan Ronaldo merebut gelar keenam?.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa