Babak 16 Besar Liga Champions Bakal Pakai VAR

Ilustrasi
Ilustrasi (SBNation)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Federasi sepakbola Benua Eropa ( UEFA ) secara resmi memutuskan bahwa babak 16 besar Liga Champions 2018/19 bakal menggunakan VAR .

Fase lanjutan dari kompetisi internasional klub tertinggi di Eropa itu akan dimulai bulan Februari 2019 mendatang.

baca juga: Final Liga Champions, Guardiola: Demi Gelar Kami Siap Menderita

Hal itu diputuskan dalam pertemuan Komite Eksekutif UEFA di Dublin, Republik Irlandia, Senin 3 Desember 2018. UEFA pun sudah melakukan pengujian dalam beberapa waktu belakangan.

Penerapan Video Assitant Referee ini sebelumnya pertama kali diterapkan di laga Piala Dunia Rusia lalu. Setelah itu beberapa kompetisi lokal sudah mulai menerapkannya.

baca juga: Chelsea Full Team Hadapi Man City di Final Liga Champions Malam Nanti

Kompetisi lokal yang sudah menerapkan VAR adalah Liga Serie A dan La Liga Spanyol.

"Kami siap menggunakan VAR lebih awal dibanding rencana sebelumnya dan kami yakin itu akan memberikan keuntungan pada kompetisi-kompetisi kami untuk membantu para wasit dan ofisial serta mengurangi keputusan-keputusan keliru," kata Presiden UEFA Aleksander Ceferin.

baca juga: Teori Konspirasi Menyeruak, MU Sengaja Mengalah Agar Liverpool Gagal ke Liga Champions

Dikutip dari laman resmi UEFA , fasilitas VAR ini juga akan diterapkan di pada partai final Liga Europa 2018-2019, putaran final UEFA Nations League dan turnamen Piala Eropa U-21 2019.

Selanjutnya, sebagaimana sudah diputuskan UEFA sejak September 2018 lalu, VAR juga akan digunakan di seluruh pertandingan Liga Champions 2019-2020 sejak fase play-off dan Piala Super Eropa 2019.

baca juga: Manchester City Buat Sejarah, Guardiola Cicipi Lagi Final Liga Champions Setelah 10 Musim

Rencana berikutnya, VAR juga akan dipakai dalam putaran final Piala Eropa 2020, Liga Europa musim 2020-2021 dan putaran final UEFA Nations League 2021.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa