Ini Alasan Bima Sakti Cadangkan Andritany dalam Laga Kontra Thailand

Kiper Timnas Indonesia, Andritany
Kiper Timnas Indonesia, Andritany (Goal.com)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Pelatih Timnas Indonesia , Bima Sakti membuat keputusan yang mengejutkan di laga ketiga babak penyisihan grup Piala AFF 2018 melawan Thailand di Stadion Rajamanggala, Bangkok, Sabtu.

Bima Sakti memutuskan untuk mengistirahatkan penjaga gawang Timnas Andritany Ardhiyasa dan menurunkan kiper kedua yakni Awan Setho.

baca juga: Jersey Ketiga Timnas Indonesia Diluncurkan, Ada Sentuhan Tambahan Teknologi

"Saat latihan semuanya bagus, dan kami lihat Andritany kemarin sudah bermain dua kali full dan kami melihat perkembangan Awan Setho dalam latihan sangat baik," kata Bima.

Awan merupakan kiper termuda di skuat Garuda. Sedangkan Andritany merupakan penjaga gawang yang memiliki cukup pengalaman bersama Timnas dalam melakoni laga internasional.

baca juga: Panggil 38 Pemain Untuk TC di Jakarta, Shin Tae Yong : Saya Memantau Latihan Secara Virtual

Sepanjang pertandinan, Awan memang tampil cukup gemilang dengan melakukan penyelamatan. Namun ia gagal menahan serangan pemain tim Thailand di akhir babak pertama dan kedua.

Dalam laga, Awan tampak blunder ketika tim dari negara Gajah Putih itu melesatkan gol pertama dan ketiganya ke gawang Timnas.

baca juga: Ada Dennise Wise, Indra Sjafri dan Bima Sakti saat Seleksi Garuda Select di Pakansari Bogor

Dengan hal demikian, Bima mengaku dirinya bertanggung jawab atas keputusan tersebut, "Walau Awan yang membuat kesalahan tadi, tapi saya yang bertanggung jawab," ujar mantan kapten Timnas Indonesia itu.

Diketahui, Indonesia kalah telak atas Thailand dengan skor 4-2. Indonesia kini hanya memiliki satu laga tersisa di Grup B, yakni melawan Filipina. Peluang Indonesia tipis untuk bisa lolos ke semi-final, terutama jika Singapura dan Filipina meraih poin kontra Thailand.(*)

baca juga: Manfaatkan Waktu Jeda, Shin Tae Yong akan Cari Pemain Baru Timnas U-19

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa