Ditekuk Real Betis, Valverde: Ada yang Hilang dari Barcelona

Ernesto Valverde
Ernesto Valverde (Net)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Barcelona menelan pil pahit kekalahan di pekan ke 12 La Liga ketika menjamu Real Betis di Camp Nou, Minggu 11 November 2018 malam WIB.

Dalam laga itu, skuat Blaugrana kalah 3-4. Sepanjangan pertandingan, Lionel Messi yang memimpin klub Katalan itu tidak bisa berbuat apa-apa di babak pertama, sehingga mereka tertinggal 2 angka dari tim papan bawah itu.

baca juga: Pengadilan Banding UEFA Batalkan Persidangan Terhadap 3 Klub Pendiri Liga Super

Barulah di babak kedua Barcelona mengejar ketertinggalan lewat gol Messi yang dicetaknya lewat titik putih.

Namun selang beberapa menit kemudian, Barca lagi-lagi gagal mempertahankan lini belakang sehingga Real Betis unggul 1-3.

baca juga: Hasil Pertandingan Bola Tadi Malam Liga Italia dan Spanyol, Napoli Kokoh di Puncak Barcelona Posisi 7

Situasi di lapangan hijau Camp Nou semakin panas, Arturo Vidal mengerahkan tenaga untuk mengejar skor dan ia berhasil mengubah skor 2-3.

Setelah gol mantan pemain Bayern Munchen itu, Barca gagap bahkan harus bermain sepuluh orang akibat kartu merah yang diperoleh Ivan Rakitic. Lini tengah pun goyah.

baca juga: Barcelona Babak Belur Ditangan Bayern Munich, Ini Deretan Fakta Menyedihkan Tim Tuan Rumah

Lagi-lagi Real Betis pun mengoyak gawang Marc Andre Ter Stegen sebelum akhirnya Messi menutup laga lewat gol telat di menit ke 92. Skor akhir jadi 3-4.

Kekalahan itu lantas membuat pelatih Ernesto Valverde tertunduk. Ia mengaku dalam laga itu, tim asuhannya tidak bermain baik di babak pertama, bahkan cenderung melempem.

baca juga: Here We Go! Dilirik Banyak Klub, Pemain Muda Ini Pilih Gabung Real Madrid

"Kami memiliki rentetan pertandingan yang baik, namun laga ini tidak dimulai dengan baik, dan kami gagal membalikkan keadaan," katanya dalam laman resmi Barcelona .

Bagi dia, ada yang hilang dari skema permainan Barcelona yang kembali mengulang tren negatif serupa beberapa pekan awal lalu.

Terlepas dari cideranya Coutinho yang memegang tumpu serang dari sisi kiri dan Umtiti di lini belakang, ia tidak mendeskripsikan masalah yang mendera tim tersebut.

"Ada sesuatu yang hilang. Kami meningkatkan intensitas di babak kedua dan bisa menciptakan lebih banyak kesempatan ketimbang sebelumnya," ucap dia.

Kendati kalah, Barcelona tetap berada di peringkat pertama klasemen Liga Spanyol dengan raihan 24 poin. Setidaknya posisi tersebut akan bertahan selama dua pekan mendatang, lantaran kompetisi memasuki masa jeda untuk laga internasional.

"Tentu saja menyenangkan memasuki jeda internasional sebagai pemuncak klasemen, tetapi kami selalu mengharapkan lebih dari tim ini," pungkasnya.

"Persaingan di Liga Spanyol lebih ketat musim ini dan hari ini kami diingatkan betapa sulitnya memenangi pertandingan," ujarnya menuntaskan.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa