El Clasico: Adu Taktik Dua Pelatih Tanpa Ronaldo dan Messi

Ronaldo dan Messi
Ronaldo dan Messi (Net)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Laga El Clasico akan digelar pada Minggu, 28 Oktober 2018 di Camp Nou. Pertandingan antara Barcelona dan Real Madrid itu adalah laga lanjutan La Liga musim 2018/19.

Pertandingan El Clasico merupakan salah satu laga yang paling ditunggu-tunggu dunia. Sebab, rivalitas kedua raksasa Spanyol itu selalu menampilkan drama-drama seru di atas lapangan hijau.

baca juga: Pengadilan Banding UEFA Batalkan Persidangan Terhadap 3 Klub Pendiri Liga Super

Tidak hanya gempuran serangan kedua tim, adu taktik pelatih dan peforma serangan pemain di lini depan juga akan menjadi sorotan pendukung El Barca dan El Real.

Ada menarik di laga pertama El Clasico musim ini. Yakni publik tidak akan bisa menyaksikan duel dua pemain terbaik di dunia Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo secara bersamaan sejak tahun 2007 lalu.

baca juga: Ancelotti Sebut Pemain Real Madrid Ini dan 2 Pemain Italia Pantas Jadi Kandidat Peraih Ballon d'Or Tahun Ini

Diketahui, Messi absen dalam laga pamungkas di Liga Spanyol itu karena cidera lengan yang didapatinya saat Blaugrana menjamu Sevilla di pekan kesembilan lalu.

Sedangkan Ronaldo harus rela melewatkan salah satu pertandingan besar itu saat memutuskan hengkang ke Juventus awal usai gelaran Piala Dunia 2018 lalu.

baca juga: Hasil Pertandingan Bola Tadi Malam Liga Italia dan Spanyol, Napoli Kokoh di Puncak Barcelona Posisi 7

Namun, bukan berarti pertandingan akan membosankan tanpa adanya Messi dan Ronaldo. Adu strategi pelatih juga patut jadi sorotan.

Pelatih Barcelona , Ernesto Valverde akan menentukan pemain yang akan mengisi posisi Lionel Messi di linu depan bersama Coutinho dan Luis Suarez. Di laga Liga Champions lalu, Valverde menurunkan Rafinha untuk mengisi tempat utama lini serang.

baca juga: Barcelona Babak Belur Ditangan Bayern Munich, Ini Deretan Fakta Menyedihkan Tim Tuan Rumah

Penempatan adik dari Thiago Alcantara itu ternyata menguntungkan Barca, Rafinha berhasil mencetak gol dan mengantarkan Azulgrana ke puncak babak penyisihan grup.

Begitu juga di Real Madrid . Hingga kini, Julen Lopetegui belum bisa menemukan sosok pemain yang mampu mengisi posisi bintang asal Portugal itu. Ia sudah mencoba beberapa opsi dengan menempatkan Mariano dan Vinicius Jr, tapi taktik tersebut masih tumpul.

Di beberapa laga sebelumnya, lini depan Madrid mandul dari gol baik di kompetisi lokal Spanyol maupun Internasional. Sosok pemain depan yang akan diturunkan oleh mantan pelatih Timnas Spanyol itu bisa jadi menarik.

Apakah kembali meletakkan Gareth Bale di sisi kanan, Benzema di tengah dan Asensio atau kembali menurunkan Mariano Diaz yang akan berkolaborasi dengan Isco? Semua akan ketahuan di laga besok malam.

Di sisi lain, laga El Clasico jilid 1 ini adalah penentu nasib Lopetegui di Los Galacticos. Manajemen akan segera menentukan keputusan jika Real Madrid kalah dari Barcelona setelah meraih hasil buruk sejak pekan ke tujuh La Liga .

Begitu juga dengan Barcelona , kemampuan Ernesto Valverde menukangi formasi baru 4-3-3 kembali dipertanyakan jika The Catalans tidak bisa meraih poin di kandang sendiri, setelah mampu menumbangkan Sevilla pekan lalu dan Inter Milan di laga Liga Champions.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa