Timnas Indonesia U-23 Siap untuk Kemenangan Kedua di Asian Games 2018

Skuat Timnas Indonesia U-23 Asian Games 2018
Skuat Timnas Indonesia U-23 Asian Games 2018 (internet)

KLIKPOSITIF -- Timnas Indonesia U-23 akan menjajal kekuatan Palestina U-23 pada laga lanjutan Grup A Asian Games 2018 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi, Rabu (15/8). Laga ini menjadi pertemuan kedua sepanjang sejarah.

Bagi Timnas Indonesia U-23, laga melawan Pakistan U-23 menjadi pertandingan kedua di Asian Games 2018 . Sebelumnya, pasukan Luis Milla berhasil meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 4-0 melawan Chinese Taipei.

baca juga: Itali Menang Besar, Inggris Ditahan Imbang Polandia, Ini Hasil Kualifikasi Piala Dunia Semalam

Dalam sejarah sepak bola internasional, Indonesia baru sekali bertemu melawan Palestina untuk klasifikasi tim U-23. Pertemuan perdana kedua tim terjadi di Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 yang berlangsung di Palembang, Sumatera Selatan.

Ketika itu, Garuda Muda menyerah dengan skor 1-2 dari Palestina. Hasil tersebut sudah cukup memberi gambaran kalau Indonesia sebenarnya punya peluang untuk bersaing. Di level senior Timnas Indonesia baru bersua dua kali melawan negara yang baru menjadi resmi menjadi anggota FIFA pada 1998 itu.

baca juga: FIFA Buat Aturan Baru, Satu Babak 30 Menit dan Kartu Kuning Diusir Keluar Lapangan

Khusus pentas Asian Games, laga nanti menjadi pertemuan pertama buat kedua tim. Timnas Indonesia U-23 Indonesia baru melakoni satu laga dan kini menempati peringkat dua klasemen Grup A dengan tiga poin. Sementara, Palestina yang sudah menjalani dua pertandingan berada di puncak klasemen dengan catatan empat angka.

Di laga terakhirnya kedua tim sama-sama memetik kemenangan, Timnas U-23 Indonesia maupun Palestina sama-sama memetik kemenangan. Indonesia melumat Taiwan 4-0, sementara Palestina yang sempat tertinggal lebih dulu akhirnya mampu mengalahkan Laos 2-1.

baca juga: Musdalub HapKido Sumbar, Risnaldi Ibrahim Terpilih Jadi Ketua Umum Secara Aklamasi

Sementara itu, Timnas Indonesia U-23 pada pertandingan pertama masih memiliki masalah kesulitan dalam memecah kebuntuan. Meskipun pada akhirnya, Stefano Lilipaly dkk akhirnya mampu membongkar lini pertahanan Chinese Taipei dan mencetak empat gol pada babak kedua.

Pelatih Luis Milla sudah sedari awal memperingatkan tim asuhannya akan kekuatan Palestina U-23. Menurut Luis Milla, tim berjuluk The Redeemers itu dikenal memiliki kemampuan fisik yang tangguh dan juga rataan postur pemain yang tinggi-tinggi.

baca juga: Kasper Schmeichel: Saya Bangga Miliki Kapten Seperti Kjaer

"Kami tahu Palestina datang dengan kekuatan U-23 dan secara fisik mereka sangat kuat. Saya rasa pertandingan nanti akan berlangsung sulit. Kami sudah melihat mereka bermain (melawan Laos U-23)," kata Luis Milla.

Meski demikian, Luis Milla tak ingin menganggap laga melawan Palestina U-23 berbeda dengan yang lainnya. Menurut dia, laga melawan Palestina U-23 sama sulitnya dengan laga-laga lainnya. "Pertandingan sulit seperti ini juga akan kami hadapi di pertandingan lainnya," ucap pelatih asal Spanyol itu.

Pada pertandingan nanti, Luis Milla diprediksi masih akan memainkan skema permainan dari sektor sayap kiri dan kanan. Hal ini tentu saja akan membantu para penyerang Garuda Muda semisal Alberto Goncalves dan Stefano Lilipaly dalam menciptakan peluang dan mencetak gol. (*)

sumber: bola.com

Penulis: Agusmanto