Tumbangkan Malaysia, Timnas Indonesia U-16 Tantang Thailand di Final

Bagus Kahfi
Bagus Kahfi (PSSI)

KLIKPOSITIF -- Timnas Indonesia U-16 akhirnya melaju ke babak final Piala AFF U-16 2018, setelah menumbangkan Malaysia dengan skor tipis 1-0 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis 9 Agustus 2018.

Gol semata wayang Indonesia dicetak oleh Bagus Kahfi melalui titik putih di menit ke-71. 

baca juga: Terkait TC Timnas U-19, Yunus Nusi : Kita Ada Peluang Besar Untuk ke Spanyol

Bermain di kandang sendiri, Timnas Indonesia tampil menekan semenjak awal babak pertama, sementara Timnas Malaysia lebih memilih 'parkir bus'.

Alih-alih ingin mencetak gol lebih cepat, justru Malaysia mendapat peluang emas pada menit ke-15. Beruntung sepakan gelandang Malaysia Alif Daniel melambung di atas mistar gawang.

baca juga: Jersey Ketiga Timnas Indonesia Diluncurkan, Ada Sentuhan Tambahan Teknologi

Indonesia mendapat peluang emas melalui David Maulana setelah lepas dari pemain belakang Malaysia pada menit ke-27. Namun sayang, dewi fortuna belum berpihak ke Indonesia, sehingga tidak mengubah skor 0-0.

Pada menit ke 31 giliran Supriadi yang mendapat peluang emas. Tapi sepakan Supriadi hanya membentur tiang gawang. Hingga turun minum, tidak ada gol yang tercipta.

baca juga: Panggil 38 Pemain Untuk TC di Jakarta, Shin Tae Yong : Saya Memantau Latihan Secara Virtual

Pada babak kedua, Timnas Indonesia tak mengendorkan serangan. Pada menit ke 70, Supriadi dijatuhkan pemain Malaysia di kotak pinalti, yang membuat wasit menunjuk titik putih. Bagus Kahfi yang ditunjuk sebagai algojo menjalankan misi dengan mulus dan membuat skor berubah jadi 1-0. Skor tersebut tidak berubah hingga peluit panjang.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-16 akan menantang Thailand di babak final yang akan digelar pada Sabtu 11 Agustus 2018 pukul 15.30 WIB. (*)

baca juga: Dua Pemain SSB Gasliko Lima Puluh Kota Dipanggil Seleksi Nasional

Penulis: Iwan R