Gagal di Piala Dunia 2018, Argentina Pecat Sampaoli

Jorge Sampaoli dan Lionel Messi
Jorge Sampaoli dan Lionel Messi (Goal.com)

KLIKPOSITIF -- AFA selaku PSSI-nya Argentina , akhirnya resmi mendepak alias memutus kontrak Jorge Sampaoli sebagai pelatih kepala. Timnas Aregntina memang menjalani kampanye yang buruk di  Piala Dunia 2018.

Tertatih-tatih lolos dari fase grup, dengan diimbangi Islandia 1-1 dan dibantai Kroasia 0-3, Argentina pun tak berdaya dan akhirnya tersisih di babak 16 besar. La Albiceleste -julukan Timnas Argentina - dihempaskan Prancis dengan skor 3-4.

baca juga: Ratas Persiapan Piala Dunia U-20 2021, Jokowi Minta Laporan PSSI

Sampaoli sendiri sejatinya datang menangani Argentina pada musim panas 2017 dengan reputasi mentereng, setelah membawa Timnas Cile juara Copa America 2015 dan juga di level klub saat meloloskan Sevilla ke Liga Champions musim 2016/2017.

Namun selama membesut Argentina , pelatih berusia 58 tahun itu kerap menuai hasil tak optimal. Pemilihan taktik serta penentuan komposisi skuatnya juga terus menerus mengundang reaksi negatif.

baca juga: Daftar 30 Pemain Timnas U-19 yang Ikuti TC di Kroasia

Setelah susah payah membawa Argentina lolos dari babak kualifikasi menuju putaran final Piala Dunia 2018, isu perpecahan dengan sejumlah pemain, termasuk Sergio Aguero, saat turnamen berjalan pun merebak.

Apapun itu, Federasi Sepakbola Argentina kini akhirnya resmi memecat Sampaoli. "Federasi Sepakbola Argentina dan mantan pelatih tim nasional, Jorge Sampaoli, telah sepakat tentang pemutusan kontrak," demikian pernyataan resmi AFA seperti dilansir BBC.

baca juga: Maradona Sumbangkan Kostum Timnas Argentina untuk Penggalangan Dana COVID-19

"Demikian juga dengan pelatih fisik Jorge Desio dan analis video Matias Manna juga meninggalkan tim nasional."

Sumber: suara.com

baca juga: UEFA: Kalender Sepakbola Kacau sampai Tiga Tahun ke Depan, Termasuk Piala Dunia

Penulis: Rezka Delpiera