Final Piala Dunia 2018: Laga Tim yang Tak Terkalahkan

Ilustrasi
Ilustrasi (Telegraph)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Timnas Perancis akan berhadapan dengan Kroasia di laga final Piala Dunia 2018 yang akan digelar di Luzhniki Stadium, Minggu 15 Juli 2018 pukul 22:00 WIB. Pertandingan ini diprediksi akan berlangsung seru.

Kedua tim yang akan berlaga memperebutkan piala Jules Rimet merupakan kesebelasan yang belum pernah kalah selama ajang Piala Dunia Rusia ini.

baca juga: Itali Menang Besar, Inggris Ditahan Imbang Polandia, Ini Hasil Kualifikasi Piala Dunia Semalam

Diketahui, Les Blues -julukan Timnas Prancis- mencapai final setelah mengalahkan Belgia, sementara Vatreni -julukan Timnas Kroasia - menekuk Inggris.

Final kali ini, merupakan ketiga kalinya Perancis menginjakkan kaki ke laga terakhir enam kompetisi dunia terakhir. Pada edisi 1998, sebagai tuan rumah, Les Bleus mampu menjadi kampiun untuk pertama kalinya (dan merupakan gelar satu-satunya sejauh ini) setelah mengalahkan Brasil di final dengan skor 3-0.

baca juga: Dua Mantan Juara Piala Dunia Saling Berhadapan di Laga Pembuka Serie B Italia

Kapten tim saat itu, Didier Deschamps, kini menjabat sebagai pelatih Prancis. Sebagai tuan rumah Euro 2016, Prancis sangat difavoritkan di final melawan Portugal tapi mereka kalah 1-0.

Sementara bagi Kroasia . ini adalah penampilan pertama mereka di final. Prestasi ini mengalahkan torehan generasi emas yang menempati peringkat ketiga pada Piala Dunia 1998.

baca juga: Del Piero Teringat Momen 15 Tahun Lalu, Tulis Pesan Ini Untuk Anak Asuh Roberto Mancini

Selain itu, tiga pemain belakang Prancis sudah mencetak gol di Piala Dunia 2018 (Benjamin Pavard, Raphael Varane dan Samuel Umtiti).

Terakhir kalinya hal ini terjadi adalah di Piala Dunia 1998, dengan trio Bixante Lizarazu, Laurent Blanc dan Lilian Thuram sukses mencatatkan nama di papan skor.

baca juga: Kalahkan Skotlandia, Kroasia Maju ke Babak 16 Besar Piala Eropa 2020

Entah lewat assist atau gol, bintang Prancis Antoine Griezmann telah berkontribusi pada 11 gol timnya di sembilan pertandingan fase gugur dua turnamen besar pamungkas, yakni di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018 .

Raihan sang penyerang Atletico Madrid tersebut lebih tinggi dari torehan pemain Les Bleus lainnya selama lima dekade terakhir, termasuk duo legenda Zinedine Zidane (8) dan Michel Platini (6).

Sedangkan bintang sekaligus kapten Kroasia Luka Modric mencatatkan dirinya sebagai pemain dengan jarak tempuh terpanjang di Piala Dunia 2018 .

Meski usianya sudah tak muda lagi, 32 tahun, Modric rupanya masih sangat kuat dalam hal berlari. Total 63 kilometer dari enam pertandingan Piala Dunia 2018 sudah ditempuhnya.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa