Piala AFF Usai, Timnas U-19 Tatap Piala AFC 2018

Indra Sjafri
Indra Sjafri (KLIKPOSITIF/Haswandi)

KLIKPOSITIF -- Meski urung menjuarai Piala AFF U-19 2018, Timnas Indonesia U-19 akhirnya berhasil menumbangkan dominasi Timnas Thailand U-19 di kompetisi level junior tersebut. Garuda Nusantara - julukan Timnas Indonesia U-19 berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 dalam laga perebutan peringkat ketiga yang dihelat di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (14/7/2018) kemarin.

Dua gol Indonesia dicetak Feby Eka Putra di menit 35 dan Syahrian Abimanyu di menit 83. Sedangkan Thailand hanya berhasil mencetak satu gol lewat Matee Sarakum pada menit 85.

baca juga: Masih Ingat Todd Rivaldo Ferre? Mantan Pemain Timnas U-19 Ini Dikabarkan Bakal Main di Liga Thailand

Pelatih kepala Thailand U-19, Khsara Sritharo mengakui permainan Indonesia yang cukup bagus membuat pemain-pemainnya kesulitan. Permainan Indonesia menurutnya berbeda saat kedua tim bertemu di fase grup lalu, di mana Thailand menang dengan skor 2-1. 

"Indonesia bermain cukup bagus saat ini, yang membuat kami kesulitan untuk membongkar pertahanan mereka," ujar Sritharo, yang dikutip dari laman suara.com, media jaringan KLIKPOSITIF .com.

baca juga: Saat Ini Ada 7 Penyerang di Timnas U-19, Ini Kata Saddam Emiruddin Gaffar

Di sisi lain, pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri mengakui persiapan yang singkat membuat dirinya kesulitan untuk memilih tim terbaik di Piala AFF U-19 kali ini. Ia pun harus melakukan rotasi pemain di tengah turnamen untuk mencari komposisi terbaik. 

"Saya akui ini persiapannya sangat singkat. Namun ini sudah berakhir. Kini kami mengalihkan fokus untuk Piala AFC U-19. Kami masih akan terus melakukan seleksi untuk Piala AFC nanti," bebernya.

baca juga: Panggil 38 Pemain Untuk TC di Jakarta, Shin Tae Yong : Saya Memantau Latihan Secara Virtual

"Harapan yang tinggi dari masyarakat Indonesia atau suporter untuk kami berprestasi, namun kami gagal. Maka saya minta maaf, tidak bisa membawa Indonesia menjadi juara di piala AFF tahun 2018 ini," sambung Indra.

Piala AFC U-19 2018 sendiri akan digelar pada 18 Oktober - 4 November 2018, di mana Indonesia akan kembali berperan sebagai tuan rumah. (*)

baca juga: Jadi Orang Indonesia Pertama Ikuti Rapat Teknis Komite AFC, Ini Kata Indra Sjafri

Penulis: Iwan R