Gol Tunggal Umtiti Bawa Prancis ke Final Piala Dunia 2018

Umtiti membawa Prancis melenggang ke final Piala Dunia
Umtiti membawa Prancis melenggang ke final Piala Dunia (Fifa.com)

KLIKPOSITIF -- Prancis memastikan diri lolos ke final  Piala Dunia 2018  setelah mengalahkan Belgia dengan skor 1-0 dalam laga semifinal Piala Dunia 2018  yang digelar di Saint Petersburg Stadium, Rusia, Rabu dini hari (11/7/2018) waktu Indonesia.

Gol kemenangan Prancis di laga itu dicetak oleh bek Barcelona, Samuel Umtiti. Di partai final, Prancis akan bertemu dengan pemenang antara Inggris melawan Kroasia.

baca juga: Prancis Juara Piala Dunia Tanpa Dirinya, Benzema Ucapkan Hal Ini

Di sepanjang pertandingan, Belgia memang lebih menguasai bola. Prancis di sisi lain berusaha bermain lebih efektif mengandalkan kecepatan para pemain mudanya.

Di babak pertama, Belgia bermain lebih dominan. Selain itu lini depannya juga berkali kali memproduksi ancaman serius bagi penjaga gawang Prancis, Hugo Lloris.

baca juga: Lima Pemain 'Biasa' yang Menggebrak di Piala Dunia 2018

Peluang terbaik Belgia di babak pertama datang di menit 21, saat Toby Alderweireld melepaskan tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti yang memaksa Lloris melakukan penyelamatan akrobatik agar Prancis tak kebobolan lebih dulu.

Sementara kesempatan terbaik Prancis di 45 menit pertama muncul pada menit 38, ketika Pavard menerima umpan manis Mbape tepat di depan Courtois. Sayang tembakan bek VfB Stuttgart itu masih dibisa ditepis Courtois.

baca juga: Selama Piala Dunia 2018, 30 Jurnalis Perempuan Jadi Korban Pelecehan Seksual

Hingga laga babak pertama berakhir tak ada gol tercipta.

Di babak kedua, Prancis bermain lebih efektif. Pada menit 51 tim berjuluk Ayam Jantan itu sudah berhasil unggul 1-0 berkat gol Samuel Umtiti, yang memanfaatkan umpan Antoine Griezman dari sepak pojok.

baca juga: Kumis Pemain Ini Dipercaya Jadi Faktor Keberuntungan Prancis di Piala Dunia 2018

Unggul 1-0, Prancis mulai bermain mengandalkan serangan balik: menunggu pemain Belgia melakukan kesalahan sebelum melancarkan serangan mematikan memanfaatkan kecepatan Kylian Mbape.

Taktik ini tampak efektif. Pada 56 Blaise Matuidi, yang menerima bola dari skema serangan balik, nyaris membobol gawang Belgia jika tembakannya tak diblok.

Lalu di menit 57 Olivier Giroud, yang menerima umpan cerdas Kylian Mbape, memperoleh peluang emas tapi upayanya masih dihadang Mousa Dembele.

Di menit 60 pelatih Belgia, Roberto Martinez menarik keluar Dembele dan memasukkan Dries Mertens yang lebih berwatak menyerang.

Masuknya gelandang Napoli itu membuat permainan Belgia lebih mengandalkan umpan silang dari sayap. Tuah Mertens sudah terasa sejak menit 61, ketika umpan silangnya nyaris berbuah gol jika bola yang disambut Kevin de Bruyne tendangan kaki kanan tak dihadang pemain Belakang Prancis.

Di menit 65 Mertens kembali beraksi. Umpan silang sempurnanya berhasil ditanduk Marouane Fellaini, tetapi sayang bola masih melesat tipis di luar tiang gawang Prancis.

Belgia berkali-kali mengepung pertahanan Prancis, tetapi selalu saja gagal. Sebaliknya Prancis justru semakin sering mengancam lewat serangan balik, terutama di 10 menit terakhir laga.

Prancis bahkanya nyaris dua kali menambah gol di injury time. Peluang pertama diperoleh Griezman, setelah menerima umpan matang Paul Pogba di dalam kotak penalti. Sayang sepakan kaki kanannya masih bisa diraih Courtois.

Peluang kedua kemudian didapat pemain pengganti Corentin Tolisso. Tinggal berhadapan dengan Courtois, sepakan gelandang Bayern Munich itu masih bisa ditepis penjaga gawang Belgia tersebut.

Hingga laga berakhir di menit 96, tak ada lagi gol tercipta. [Suara.com]

Formasi dan susunan pemain:

Prancis (4-2-3-1): Hugo LLoris; Lucas Hernandez, Samuel Umtiti, Raphael Varane, Benjamin Pavard; Pul Pogba, N'golo Kante; Kylian Mbape; Antoine Griezman, Blaise Matuidi (Corentin Tolisso 86'); Olivier Giroud (Steven Nzonzi 85').

Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Vincent Kompany, Jan Vertonghen; Nacer Chadli (Michy Batshuayi 90'), Axel Witsel, Marouane Fellaini (Yannick Ferreira-Carrasco 80'), Mousa Dembele (Dries Mertens 60'); Eden Hazard, Kevin de Bruyne; Romelu Lukaku.

Penulis: Rezka Delpiera