Preview: Pembuktian Dua Negara Tak Terkalahkan di Piala Dunia 2018

Prancis vs Belgia
Prancis vs Belgia ()

KLIKPOSITIF -- Super big match akan tersaji di Saint-Petersburg Stadium, Rabu (11/7) dini hari WIB dalam laga semifinal Piala Dunia 2018 . Timnas Prancis dan Timnas Belgia akan saling bentrok untuk memperebutkan satu tiket ke partai puncak.

Prancis saat ini sedang berada dalam performa terbaiknya. Tim berjuluk Les Bleus (Ayam Jantan) belum terkalahkan dalam sembilan laga terakhir mereka di seluruh kompetisi, dengan rincian tujuh kemenangan dan dua hasil imbang. Tim asuhan Didier Deschamps juga sukses mencetak 18 gol dan kebobolan tujuh dari sembilan pertandingan tersebut.

baca juga: Hanya Mampu Imbang, Liverpool Tersingkir- Madrid Lawan Chelsea

Andai berhasil meraih kemenangan pada laga dini hari nanti, maka Prancis akan lolos ke final Piala Dunia untuk ketiga kalinya sepanjang sejarah. Namun, Les Blues hanya sekali berhasil keluar sebagai kampiun, yakni pada Piala Dunia 1998 silam di mana mereka bertindak sebagai tuan rumah.

Di sisi lain, Belgia mencapai babak empat besar Piala Dunia untuk kedua kalinya sepanjang sejarah. Sebelumnya, yakni pada edisi 1986, tim berjuluk Rode Duivels (Setan Merah) gagal melaju ke final setelah kalah dari Argentina.

baca juga: Menang Lagi dari Dortmund, City ke Semi Final Liga Champions

Seperti halnya Prancis, Belgia juga kini tengah on fire. Belgia merupakan tim paling subur sejauh ini di Piala Dunia 2018 , dengan raihan 14 gol. Tak cukup sampai di situ, Belgia juga memiliki sembilan pencetak gol berbeda di Rusia pada gelaran tahun ini.

Dengan masih memainkan satu laga di semifinal dan satu laga lagi dengan asumsi mereka lolos ke final, Belgia tentu punya kans besar untuk memecahkan rekor Italia pada Piala Dunia 2006 dan Prancis pada Piala Dunia 1982 yang memiliki 10 pencetak gol berbeda dalam satu turnamen.

baca juga: Hasil Liga Eropa Dini Hari tadi: Roma Gebuk Ajax, Villareal Menang 1-0

Belgia juga sudah tidak terkalahkan dalam 23 pertandingan terakhir mereka. Kekalahan pamungkas Rode Duivels dalam pertandingan kompetitif adalah saat menghadapi Wales di perempat final Piala Eropa 2016!

Kondisi Tim
Dari kubu Prancis, gelandang Blaise Matuidi siap kembali ke starting eleven setelah absen saat Les Bleus mengalahkan Uruguay 2-0 di babak perempat final lantaran suspensi kartu. Corentin Tolisso yang jadi starter di laga kontra Uruguay pun akan kembali ke bangku cadangan.

baca juga: Sebut Nabil Husein Selalu Menjadi Saudara, Diego Michiels Tinggalkan Borneo FC?

Sementara di kubu Belgia, wing-back kanan, Thomas Meunier bakal absen karena akumulasi kartu. Hal ini tentu merupakan kerugian besar bagi Rode Duivels. Pasalnya, pemain Paris Saint-Germain itu adalah andalan Belgia di flank kanan sejak babak fase grup.

Sebagai pengganti, pelatih Belgia, Roberto Martinez bisa mencoba bintang muda Anderlect, Leander Dendoncker. Baru berusia 23 tahun, Dendoncker memang baru tampil di satu laga di Piala Dunia 2018 ini. Ia tampil 90 menit di laga matchday 3 Grup G kontra Inggris yang dimenangkan Belgia 1-0. Laga itu sendiri sudah tak mempengaruhi kelolosan Belgia ke fase gugur.

Meski demikian, Dendoncker dikenal sebagai pemain yang serbabisa. Posisi aslinya adalah gelandang jangkar. Namun, pemain bertinggi 188 cm yang sempat diincar Manchester United di bursa transfer musim panas 2017 itu juga fasih berperan sebagai centre-back dan fullback.

Memilih Dendoncker sebagai pengganti Meunier rasanya adalah opsi yang paling pas, ketimbang memainkan Nacer Chadli ataupun Yannick Carrasco. Pasalnya, Martinez kemungkinan besar akan menerapkan pakem 4-3-2-1 di laga dini hari nanti, alih-alih 3-4-2-1 yang sejatinya merupakan formasi favoritnya.

Sisi Historis
Bagi kedua tim, ini akan menjadi pertemuan yang ke-73 di seluruh ajang. Dari 73 pertandingan sebelumnya, Belgia memetik 30 kemenangan, Prancis dengan 24 kemenangan, dan 19 laga lainnya berakhir imbang. Kans Belgia memperpanjang dominasi atas timnas Prancis sendiri terbilang besar.

Sebab, dari lima pertemuan terakhir kontra Les Blues, Belgia mampu merengkuh dua kemenangan, dua hasil imbang, dan hanya sekali kalah. Pada pertemuan pamungkas, Rode Duivels juga memetik kemenangan 4-3 atas Prancis pada laga persahabatan di Stade de France, tepatnya pada 8 Juni 2015. (*)

Prakiraan Susunan Pemain:
Prancis: Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; N'Golo Kante, Paul Pogba, Blaise Matuidi; Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, Olivier Giroud.
Belgia: Thibaut Courtois; Leander Dendoncker, Vincent Kompany, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen; Nacer Chadli, Axel Witsel, Marrouane Fellaini; Romelu Lukaku, Eden Hazard; Kevin De Bruyne. 

Penulis: Agusmanto