Inggris Bertemu Kroasia di Semifinal Piala Dunia 2018

Kroasia ke semifinal Piala Dunia setelah singkirkan Russia lewat drama adu penalti
Kroasia ke semifinal Piala Dunia setelah singkirkan Russia lewat drama adu penalti (Fifa.com)

KLIKPOSITIF -- Timnas Inggris melaju ke semifinal  Piala Dunia 2018  Rusia usai mengalahkan Swedia di babak perempat final, Sabtu (7/7). Dalam laga yang digelar di Cosmos Arena, Inggris menang 2-0 setelah di babak pertama unggul 1-0.

Bagi Inggris, ini merupakan semifinal pertama mereka di turnamen empat tahunan tersebut dalam 28 tahun terakhir.

baca juga: Prancis Juara Piala Dunia Tanpa Dirinya, Benzema Ucapkan Hal Ini

Terakhir kali Inggris mencicipi babak semifinal Piala Dunia, yakni di tahun 1990 di Italia. Kala itu, The Three Lions—julukan Inggris—takluk oleh Jerman Barat lewat adu penalti.

Drama tersebut harus digelar setelah hingga 90 menit waktu normal dan ditambah dengan dua kali extra time, kedua negara masih bermain imbang 1-1.

baca juga: Lima Pemain 'Biasa' yang Menggebrak di Piala Dunia 2018

Gol Jerman Barat saat itu dicetak Andreas Brehme pada menit 60, sebelum dibalas oleh Gary Lineker selang 20 menit kemudian.

Dua penendang Inggris, Stuart Pearce dan Christopher Waddle, gagal menjalankan tugasnya sebagai eksekutor penalti yang membuat Jerman Barat melangkah ke final dengan skor 4-3 di babak penalti.

baca juga: Selama Piala Dunia 2018, 30 Jurnalis Perempuan Jadi Korban Pelecehan Seksual

Inggris sendiri akhirnya harus puas menempati peringkat keempat pada Piala Dunia 1990 setelah takluk 1-2 dari tuan rumah Italia dalam laga perebutan tempat ketiga.

Kroasia vs Russia

baca juga: Kumis Pemain Ini Dipercaya Jadi Faktor Keberuntungan Prancis di Piala Dunia 2018

Kroasia melaju ke semifinal  Piala Dunia 2018  setelah menyingkirkan Rusia setelah menang lewat drama adu penalti. Laga Rusia vs Kroasia harus ditentukan lewat adu penalti setelah kedua tim imbang 2-2 hingga usai perpanjang waktu.

Pada adu penalti di Fisht Stadium, Minggu (8/7/2018) dini hari WIB, tendangan Ivan Rakitic memastikan kemenangan Kroasia 4-3. Hanya tendangan Mateo Kovacic yang gagal masuk setelah ditepis kiper Igor Akinfeev.

Sementara di tim Rusia, Fedor Smolov dan Mario Fernandes gagal mencetak gol dalam adu penalti tersebut. Itu artinya aksi apik tuan rumah Rusia harus terhenti di babak perempat final.

Sumber: suara.com

Penulis: Rezka Delpiera