Brazil Puji Kiper dan Efektifitas Pemain Belgia

Kiper Belgia, Thibaut Courtois
Kiper Belgia, Thibaut Courtois (SBNation)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Pelatih Timnas Brazil , Tite harus mengakui keunggulan strategi Roberto Martinez (pelatih Belgia ) di laga semalam yang digelar di Kazan Arena, Sabtu 7 Juli 2018. Selecao harus puas dengan skor 1-2 dan hengkang dari Piala Dunia 2018 .

Tite menilai, meskipun pemain Brazil cenderung menguasai pertandingan, tapi pemain Belgia tampil lebih efektif. Peluang yang diciptakan berhasil dikonverasi menjadi gol.

baca juga: Belum Sebulan Menjabat, Menteri Kesehatan Brazil Mengundurkan Diri

" Belgia lebih efektif dalam mengonversi peluang-peluangnya. Mereka punya banyak pemain top dengan penyelesaian oke," katanya dikutip dari laman resmi FIFA.

Berdasarkan data statistik, Brazil memiliki memiliki penguasaan bola 57 persen berbanding 43 persen milik Belgia , dan 88 umpan akurat berbanding 83 persen yang dilakukan Belgia .

baca juga: UEFA: Kalender Sepakbola Kacau sampai Tiga Tahun ke Depan, Termasuk Piala Dunia

Selain itu, Selecao mencatatkan 9 shots on target dan 7 tendangan melenceng, sementara les Diables Rouges cuma punya 3 tendangan tepat sasaran dan 3 shots off target.

Namun, Belgia bisa mengonversi catatan itu menjadi dua gol, sementara Brasil hanya satu. Dari data itu, secara umum efektifitas serangan Belgia lebih unggul dari gocekan Neymar dkk di lini depan.

baca juga: PSSI Berharap Piala Dunia U-20 2021 Berjalan Sesuai Jadwal

Di sisi lain, Tite juga mengapresiasi 9 aksi penyelamatan yang dilakukan oleh Thibaut Courtois. "Dia benar-benar luar biasa. Dia telah membuat perbedaan," ujar Tite.

Dengan semua yang terjadi di lapangan hijau, ia menyebut bahwa laga Brazil dan Belgia memang layak untuk dinikmati oleh penonton dari seluruh dunia.

baca juga: Persiapan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Terganggu, Kemenpora Tetap Optimis

"Anda harus menonton pertandingan ini, ini akan memberikan kesenangan. Jika Anda netral, Anda akan duduk dan berkata 'pertandingan yang benar-benar luar biasa!' Siapapun yang menghargai sepakbola dapat melihat bahwa ini adalah laga yang indah," pungkasnya kemudian.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa