Ternyata Ini yang Membuat Belgia Bisa Usir Brazil dari Piala Dunia

Pemain Timnas Belgia menyapa pendukung usai mengalahkan Brazil
Pemain Timnas Belgia menyapa pendukung usai mengalahkan Brazil (FIFA)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Belgia tampil cemerlang di Piala Dunia 2018 . Tim berjulukan Red Devils itu mampu mengalahkan Brazil 1-2 di laga perempat final yang digelar di Kazan Arena, Sabtu 7 Juli 2018 dinihari WIB.

Dalam laga tersebut, Brazil cukup kesulitan menembus pertahanan Belgia , kondisi seperti itu membuat lini belakang tim Samba lebih fokus menjaga bola untuk tetap bergulir di lini depan.

baca juga: Belum Sebulan Menjabat, Menteri Kesehatan Brazil Mengundurkan Diri

Gempuran serangan Brazil ternyata menjadi kelemahannya, Belgia melihat celah yang cukup besar di lini belakang sehingga mudah melakukan serangan balik.

Strategi pertahanan dan serangan balik ternyata memang sudah direncanakan dari awal oleh Pelatih  Belgia , Roberto Martinez.

baca juga: UEFA: Kalender Sepakbola Kacau sampai Tiga Tahun ke Depan, Termasuk Piala Dunia

Sejak awal, susunan pemain Belgia memang berbeda di laga kontra Brasil jika dibandingkan dengan empat laga sebelumnya di Piala Dunia 2018 .

Dalam laga itu, Kevin de Bruyne yang tadinya biasa dipasang sebagai gelandang kini dimainkan sebagai striker, menemani Romelu Lukaku dan Eden Hazard.

baca juga: PSSI Berharap Piala Dunia U-20 2021 Berjalan Sesuai Jadwal

Sementara di lini tengah muncul dua nama baru: Marouane Fellaini dan Nacer Chadli. Kedua pemain yang memiliki gaya lebih bertahan ini mengisi tempat Dries Mertens dan Yannick Carrasco yang lebih ofensif.

Melawan Brasil, alih-alih menguasai bola seperti saat melawan Jepang, Belgia malah lebih banyak menunggu untuk melakukan serangan balik lewat sayap yang ditinggalkan bek-bek Madrid saat membangun serangan.

baca juga: Persiapan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Terganggu, Kemenpora Tetap Optimis

"Saya tak pernah kalah di atas papan taktik," klaim Martinez dalam jumpa pers usai laga, "Yang terpenting adalah eksekusi taktik dan dalam laga ini eksekusi kami luar biasa," katanya.

Diakuinya, dalam pertandingan tersebut ia mendesak tim asuhannya untuk merubah cara bermain.

"Para pemain harus berani untuk mengubah cara bermain dan kami punya dua hari untuk melatihnya," jelas dia dikutip dari Goal.

Lolos dari perempat final, Belgia akan berjumpa Prancis di semifinal. Prancis merupakan salah satu tim kaya bintang di Piala Dunia 2018 .

Dan menurut Martinez, kemenangan melawan tim sebesar Brasil akan menjadi modal kuat di laga kontra Prancis.

"Ini kemenangan istimewa. Kami mengalahkan Brasil di Piala Dunia . Kami menciptakan memori yang indah, yang layak dikenang, dan diwariskan," kata Martinez kemudian.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa