Drama Menit Akhir Antarkan Belgia ke Babak Perempat Final

Pemain Belgia menyapa pendukung usai mengalahkan Jepang di babak 16 besar
Pemain Belgia menyapa pendukung usai mengalahkan Jepang di babak 16 besar (FIFA)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Timnas Belgia berhasil meraih tiket ke babak perempat final Piala Dunia 2018 setelah menaklukkan Jepang dengan skor 3-2 dalam pertandingan yang berlangsung di Rostov Arena, Selasa 3 Juli 2018 dinihari WIB.

Pertandingan tersebut berlangsung dramatis, sebab sejak awal laga dimulai, Jepang membuat Belgia tidak bisa mengembangkan permainan. Tidak banyak peluang yang tercipta, alhasil hingga turun minum skor masih 0-0.

baca juga: Nissan Ganti Logo Perusahaan, Sederhana Tapi Elegan

Di babak, kedua tim Samurai Biru terlihat lebih unggul dengan gol pertama Jepang di menit 48 lewat serangan balik yang dilakukan oleh Gaku Shibasaki, dan kemudian melanjutkannya ke Genki Haraguchi lewat sebuah umpan terobosan.

Pemain belakang Belgia , Jan Vertonghen gagal memotong bola umpan terobosan Shibasaki.

baca juga: Toyota Kembangkan Fitur Baru untuk Keselamatan

Alhasil Haraguchi mendapatkan ruang tembak dan kemudian dengab mudah melepaskan tendangan diagonal ke pojok kanan gawang yang tidak mampu diantisipasi Thibaut Courtois.

Hanya berselang empat menit dari gol pertama, Jepang berhasil menggandakan gol lewat tendangan jarak jauh Takashi Inui.

baca juga: Nissan Segera Rilis Ariya, SUV Bertenaga Listrik

Gol kedua negara perwakilan Asia di babak 16 besar itu tercipta karena kesalahan lini belakang Belgia yang tidak menutup ruang tembak Inui.

Setelah tertinggal 2 gol, Belgia mulai merapikan serangan dan ternyata upaya tersebut membuahkan hasil pada menit ke 69.

baca juga: Di Jepang Ada Tempat Game Khusus untuk Lansia

Vertonghen mengembalikan keadaan dengan gol sundulannya. Gol bek Tottenham Hotspur itu sedikit berbau keberuntungan, karena Vertonghen terlihat ingin memberi umpan ke depan gawang Jepang , namun malah jadi gol.

Hanya berselang 5 menit, pertandingan kemudian menjadi imbang setelah Marouane Fellaini menggetarkan gawang Jepang melalui sundulan setelah menerima umpan silang Eden Hazard.

Setelah gol tersebut, tempo pertandingan terus meningkat. Belgia yang mulai mendapatkan kepercayaan diri kembali menggempur serangan Jepang dengan duet Hazard dan Lukaku.

Serangan itu terbukti ampuh di menit 84. Belgia mendapatkan peluang lewat sundulan Nacer Chadli dan Lukaku secara beruntun. Namun bola masih bisa ditaklukkan oleh Eiji Kawashima.

Memasuki akhir babak dalam waktu normal, kedua kesebelasan mulai ditekan dengan waktu. Keisuke Honda mendapatkan kesempatan tendangan bebas, namun lagi-lagi Curtois berhasil menyelamatkan gawang.

Usai tendangan bebas yang berakhir dengan sepak pojok itu. Belgia mencoba melakukan serangan balik lewat Kevin De Bruyne yang kemudian mengumpan ke Meunier di sisi kanan.

Bek PSG itu kemudian mengirim umpan silang, bola dibiarkan lewat oleh Lukaku dan Nacer Chadli mencetak gol lewat kaki kiri pada menit ke-90+4.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa