Neymar Berhasil Bawa Brazil ke Perempat Final Piala Dunia 2018

Gol Neymar sebagai pembuka kemenangan Brazil atas Meksiko
Gol Neymar sebagai pembuka kemenangan Brazil atas Meksiko (FIFA)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Brazil berhasil lolos ke babak perempat final setelah menumbangkan Meksiko dengan dua gol tanpa balas di Samara Arena, Senin 2 Juli 2018 malam WIB.

Pemain Paris Saint-Germain, Neymar Jr menjadi bintang dalam laga tersebut atas golnya di menit ke 51 yang memanfaatkan umpan dari Willian.

baca juga: Menteri Keuangan Positif Covid-19, Dampak Ekonomi Kian Terasa di Meksiko

Gol Neymar tersebut membuat A Selecao semakin agresif, ritme pertandingan jadi sedikit berbeda dari babak pertama.

Pada babak pertama, Brazil cenderung bermain hati-hati. Formasi 4-4-2 yang dipasang Tite-pelatih Brazil membuat para pengisi lini tengah harus menahan asupan bola ke lini depan.

baca juga: Belum Sebulan Menjabat, Menteri Kesehatan Brazil Mengundurkan Diri

Alhasil, Miranda dkk sedikit kerepotan menghalau serangan trisula Hirving Lozano-Javier Hernandez-Carlos Vela. Namun beberapa serangan El Tri berhasil dipatahkan oleh Thiago Silva.

Pada menit ke 30, barulah lini tengah Brazil benar-benar bekerja. Hal tersebut dibuktikan dengan serangan Gabriel Jesus yang kemudian digagalkan oleh kiper Guillermo Ochoa.

baca juga: UEFA: Kalender Sepakbola Kacau sampai Tiga Tahun ke Depan, Termasuk Piala Dunia

Hingga turun minum, skor masih imbang 0-0. Namun pada babak kedua, Brazil semakin agresif. Philippe Coutinho mulai intens menyerang lini belakang Meksiko .

Serangan demi serangan dilancarkan tim samba, hingga pada menit 51 itu lah, Neymar membongkar pertahanan Meksiko . Berkat kerjasama dengan Willian, Neymar berhasil menciptakan gol.

baca juga: PSSI Berharap Piala Dunia U-20 2021 Berjalan Sesuai Jadwal

Usai gol pertama, Juan Carlos Osorio-pelatih Meksiko mulai memperbaiki strategi dengan memasukkan Jonathan dos Santos. Mantan pemain Barcelona itu kemudian memulai menit awalnya di lapangan hijau dengan serangan, namun masih belum membuahkan gol.

Brazil tidak kalah, Tite memasukkan Firmino dan menarik keluar Coutinho. Pergantian itu ternyata lebih manjur. Penyerang Liverpool tersebut mampu menambah gol di menit 88 usai memanfaatkan umpan dari Neymar dan mengecoh Ochoa.

Hingga laga berakhir, Meksiko gagal mengimbangi kesebelasan peraih juara di Piala Dunia 2002 tersebut, dan Neymar patut menjadi aktor atas keberhasilan Brazil malam ini dengan satu gol dan satu assistnya.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa