Preview: Laga Pembuktian Selecao Sebagai Kandidat Juara

Latihan pemain Brazil jelang laga melawan Meksiko di 16 besar Piala Dunia 2018.
Latihan pemain Brazil jelang laga melawan Meksiko di 16 besar Piala Dunia 2018. (getty images)

KLIKPOSITIF -- Timnas Brasil akan menghadapi Meksiko di babak 16 besar Piala Dunia 2018. Laga ini akan menjadi pembuktikan dari Tim Samba bahwa mereka memang pantas menjadi tim favorit juara di Piala Dunia edisi ke-21 ini.

Laga menarik akan tersaji di Samara Arena saat Brasil menghadapi Meksiko, Senin (2/7) malam WIB. Dengan kualitas para pemain yang dimilikinya, maka Selecao memang pantas disebut sebagai tim favorit. Apalagi tersingkirnya Argentina, Portugal, Denmark dan Spanyol membuat peluang mereka semakin besar.

baca juga: Rapat Bersama FIFA Terkait Persiapan Piala Dunia U-20, Ini yang Disampaikan PSSI

Laga menghadapi Meksiko pun akan menjadi ujian sesungguhnya bagi anak asuhan Tite ini dalam usaha mereka meraih trofi. Bukan hanya Brasil, aksi Neymar Jr pun kini akan mendapatkan sorotan lebih setelah Messi dan Ronaldo pulang lebih awal.

Pelatih Brasil, Tite telah siap memainkan Neymar dalam pertandingan melawan Meksiko. Bintang Paris Saint Germain ini telah memainkan tiga laganya di fase grup dan mencetak satu gol. Meski Brasil menjadi juara Grup E, namun sebagian besar suporter kurang begitu puas.

baca juga: UEFA: Kalender Sepakbola Kacau sampai Tiga Tahun ke Depan, Termasuk Piala Dunia

Tite pun tahu bahwa Neymar masih belum dalam performa terbaiknya bersaa timnas Brasil di Piala Dunia 2018 ini. "Neymar bermain dengan luar biasa. Dia membantu para pemain sayap, membantu untuk beralih dan menyelesaikan serangan," ungkap Tite seperti dilansir Metro.co.uk.

"Saya tidak tahu bagaimana dia akan bermain [melawan Meksiko), tapi kami melihat semua data. Performa rata-rata [setelah tiga laga] melebihi penampilan rekan-rekannya, tapi angka ini belum cukup tinggi untuk Neymar."

baca juga: Dampak COVID-19, PSSI Bakal dapat Kucuran Dana dari FIFA

Tite pun menambakan bahwa Neymar membutuhkan lima atau enam pertandingan untuk mengembalikan performanya. "Saya harap dia akan memainkan semua pertandingan ini dan mencapai tujuannya," tambah pelatih Brasil ini.

Di tim Meksiko, para pemain dibayangi kutukan yakni, tidak pernah lolos dari 16 besar di enam turnamen terakhir. Rekor pertemuan dengan Brasil juga kurang bagus yaitu tidak pernah menang dalam empat pertemuan terakhir di Piala Dunia .

baca juga: PSSI Dapat Bantuan Rp 7,7 Miliar dari FIFA

Meski demikian, pelatih Juan Carlos Osorio tidak akan bermain parkir bus saat menghadapi Brasil. Ia justru akan bermain menyerang karena baginya itu adalah pertahanan yang baik guna menghadapi Brasil. Selain itu, dia juga akan berkaca dari sejumlah laga sebelumnya.

"Besok kami akan mencoba untuk menguasai kepemilikan bola, kami memiliki gelandang dengan banyak bakat dan kami dapat memanfaatkan keunggulan untuk mempertahankan bola," kata Osorio seperti dilansir ESPN. (*)

Prakiraan Susunan Pemain :
Brasil: Alisson; Fagner, Thiago Silva, Miranda, Filipe Luis; Casemiro, Paulinho; Willian, Philippe Coutinho, Neymar, Gabriel Jesus

Meksiko: Guillermo Ochoa; Edson Alvarez, Miguel Layun, Hugo Ayala, Carlos Salcedo, Jesus Gallardo; Hector Herrera, Andres Guardado; Carlos Vela, Javier Hernandez, Hirving Lozano

dari berbagai sumber

Penulis: Agusmanto