Fakta-fakta Jelang Laga Brazil Kontra Meksiko di 16 Besar Piala Dunia 2018

Selebrasi pemain Brazil usai memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018.
Selebrasi pemain Brazil usai memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. (FIFA)

KLIKPOSITIF -- Duel Amerika latin akan tersaji di babak 16 besar Piala Dunia 2018. Timnas Brasil akan meladeni perlawanan Timnas Meksiko di Cosmos Arena, Samara, Senin (2/7). Duel kali ini diperkirakan bakal berlangsung sengit.

Skuat asuhan Tite menatap laga kontra Meksiko dengan modal apik setelah muncul sebagai juara Grup E. Brasil mengakhiri kiprah di penyisihan grup dengan mengoleksi tujuh poin. Dari tiga laga penyisihan grup, Neymar dkk meraih dua kemenangan atas Kosta Rika dan Serbia dengan skor identik 2-0. Sedangkan, satu laga lainnya melawan Swiss berakhir imbang 1-1.

baca juga: Struktur INAFOC Piala Dunia U-20 Diharapkan Selesai Bulan Ini

Di sisi lain, Meksiko lolos ke fase gugur setelah menempati posisi runner-up Grup F. Tim asuhan Juan Carlos Osorio kalah selisih gol dari Swedia yang lolos sebagai juara grup. El Tri mengawali kiprah di Piala Dunia 2018 dengan mengalahkan juara bertahan Jerman dengan skor 1-0. Setelah itu, Meksiko mengalahkan Korea Selatan 2-1, namun takluk dengan skor telak 0-3 dari Swedia. (*)

Berikut fakta menarik laga Brasil dan Meksiko pada laga babak 16 besar Piala Dunia 2018:

  • Brasil tidak terkalahkan dalam empat pertemuan terakhir melawan Meksiko di Piala Dunia (menang tiga kali dan satu kali imbang). Gawang Seleccao juga tidak kebobolan dalam empat laga tersebut.
  • Enam kekalahan Brasil di pentas Piala Dunia dialami dari wakil Eropa. Wakil non-Eropa terakhir yang berhasil mengalahkan Brasil adalah Argentina di Piala Dunia 1990.
  • Kekalahan dari Argentina di Piala Dunia 1990 juga merupakan terakhir kalinya Brasil gagal lolos ke perempat final.
  • Satu-satunya kemenangan Meksiko atas tim dari Amerika Selatan terjadi saat mengalahkan Ekuador 2-0 di penyisihan grup Piala Dunia 2002.
  • Meksiko terakhir kali mencapai perempat final saat menjadi tuan rumah di Piala Dunia 1986. Ketika itu, Meksiko mengalahkan Bulgaria 2-0 pada babak 16 besar hingga akhirnya disingkirkan Jerman Barat.
  • Javier Hernandez hanya melepaskan satu tembakan tepat sasaran dari 270 menit penampilannya di Piala Dunia 2018. Namun, dari satu tembakan ke gawang itu Chicharito berhasil mencetak gol saat meladeni Korea Selatan.

sumber: FIFA , opta, bola.com

baca juga: Mantan Pemain FC Twente Tinggalkan Tira Persikabo, Ini Alasannya

Penulis: Agusmanto