Tuan Rumah Hentikan Langkah Spanyol Lewat Adu Penalti

Selebrasi para pemain Rusia.
Selebrasi para pemain Rusia. (FIFA)

KLIKPOSITIF -- Tuan rumah Piala Dunia 2018, Rusia berhasil menghentikan langkah Spanyol melalui drama penalti. Unggul 4-3, Rusia melaju ke babak perempat final, sedangkan juara tahun 2010 itu harus angkat koper.

Rusia berhasil lolos setelah melakoni laga sarat drama pada waktu normal dan babak tambahan  yang berujung pada adu penalti di Stadion Luzhniki, Moskwa, Senin malam (1/7) 

baca juga: Persiapan Untuk Arungi Liga 3, Gasliko Seleksi Seratusan Pemain

Kegagalan dua algojo Spanyol, Koke dan Iago Aspas gagal menjalankan tugasnya. Sementara empat eksekutor Rusia melaksanakan tugas mereka tanpa cela.

Dalam laga yang digelar di Stadion Luzhniki, Moskwa itu, Spanyol dipaksa memutar otak dan memeras otot untuk bisa membongkar pertahanan ala parkir bus tuan rumah Rusia.

baca juga: Demi Memperjuangkan Ezra Walian ke FIFA, Ini Langkah yang Dilakukan PSSI

Spanyol yang bermain dengan formasi 4-2-3-1 memang mendominasi penguasaan bola. Meski demikian, hampir di sepanjang laga tim Matador tak mampu menembus pertahanan tuan rumah yang bermain sangat bertahan dengan formasi 5-3-2.

Spanyol unggul cepat di laga itu, berkat gol bunuh diri bek Rusia Sergei Ignashevich di menit ke- 12. Gol tercipta ketika bola sepakan Marco Asensio dari tendangan bebas mengenai kaki Ignashevich  yang sedang berduel dengan Sergio Ramos di dalam kotak penalti, bola pun masuk ke gawang Igor Akinfeev.

baca juga: Jelang Laga Italia vs Turki, Ini Sejarah Pertemuan Kedua Negara

Sementara, Rusia menyamakan kedudukan pada menit 41 lewat eksekusi penalti Artem Dzyuba. Hadiah penalti itu diperoleh Rusia setelah bek Spanyol, Gerard Pique, menahan sundulan Dzyuba menggunakan tangan di dalam kotak penalti.

Di awal babak kedua, Rusia segera melakukan tiga pergantian pemain untuk menyegarkan lini pertahanan dan barisan depan. Sebaliknya Spanyol memasukkan Andres Iniesta untuk menambah kekuatan tim di lini tengah.

baca juga: 2 Kali Diberi Kepercayaan Tampil Oleh Shin Tae-yong, Ini Terget Arif Satria Saat Hadapi UEA

Meski telah memasukan sejumlah pemain baru, laga babak kedua tak banyak berbeda dari babak pertama. Spanyol masih dominan menguasai bola, dengan mengalirkan bola dari kaki ke kaki.

Pada menit 79, alih-alih menambah striker, pelatih Spanyol, Fernando Hierro, malah mengganti Costa dengan stiker muda Iago Aspas. Terbukti, Aspas tak banyak mengubah dinamika di lini depan Spanyol.

Hingga laga berakhir di menit 94, belum ada gol tercipta di laga itu. Pertandingan pun dilanjutkan ke extra time. Laga extra time berakhir di menit 121, skor 1-1 tak juga berubah. Akhir laga Spanyol vs Rusia harus ditentukan di babak adu penalti. 

Saat adu penalti, dua algojo Spanyol, Koke dan Iago Aspas gagal menjalankan tugasnya. Sementara, empat eksekutor Rusia melaksanakan tugas mereka tanpa cela. (*)

Penulis: Agusmanto