Preview: Adu Taktik Denmark dan Permainan Cepat Kroasia

Selebrasi pemain Kroasia
Selebrasi pemain Kroasia (FIFA)

KLIKPOSITIF -- Kroasia akan berhadapan dengan Denmark pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Nizhny Novgorod, Rusia, Senin (2/7) dinihari WIB. Pertemuan keduanya diprediksi berjalan sengit mengingat dua negara ini dikomandoi oleh dua motor serangan yang memiliki kreatifitas tinggi.

Kroasia lolos ke fase gugur sebagai juara grup D lewat raihan sempurna sembilan poin dari tiga laga. Sementara Denmark lolos dengan status runner up grup C namun mereka juga tak merasakan kekalahan sepanjang babak penyisihan.

baca juga: Persiapan Untuk Arungi Liga 3, Gasliko Seleksi Seratusan Pemain

Penampilan Modric bersama Kroasia sangat terasa, dua gol telah ia sumbangkan di fase grup. Modric juga menjadi pemain kedua setelah Ivan Perisic yang mendapatkan menit bermain lebih banyak di Piala Dunia 2018.

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic sendiri sudah mempersiapkan pertemuan ini setelah mereka dipastikan lolos usai mengalahkan Argentina di laga kedua fase grup. "Kami akan menyimpan tiga pertandingan pada fase grup. Kami akan fokus melawan Denmark. Ini adalah waktu yang tepat untuk jujur," kata Zlatco.

baca juga: Demi Memperjuangkan Ezra Walian ke FIFA, Ini Langkah yang Dilakukan PSSI

Kemenangan menakjubkan atas Argentina memang menjadi suntikan kepercayaan diri berlebih bagi Kroasia. Zlatco Dalic diprediksi akan menggunakan formasi yang sama seperti saat melawan Argentina untuk laga nanti malam.

Sementara itu di kubu lawan, Cristian Eriksen akan menjadi tulang punggung penyerangan Denmark. Sejauh ini peran Eriksen sangat vita di tim berjulukan Dinamit tersebut. Eriksen sudah menyumbangkan satu gol dan satu assist untuk Denmark, ini artinya Eriksen selalu terlibat dalam dua gol yang Denmark ciptakan di fase grup.

baca juga: Jelang Laga Italia vs Turki, Ini Sejarah Pertemuan Kedua Negara

Pelatih Denmark, Age Hareide dalam sesi konferensi pers sebelum laga mengatakan akan menerapkan strategi yang berbeda dibanding saat melawan Prancis di fase grup. Melawan Kroasia, Hareide akan menjanjikan permainan menyerang dan terbuka untuk mencari gol cepat.

"Saya pikir kami akan mengubah cara bermain kami pada fase gugur ini. Melawan Perancis pada fase grup kami memaksa untuk bertahan lebih dalam. Pada pertandingan selanjutnya saya meyakinkan bahwa kami akan lebih menekan dan membuat banyak peluang," kata Hareide.

baca juga: 2 Kali Diberi Kepercayaan Tampil Oleh Shin Tae-yong, Ini Terget Arif Satria Saat Hadapi UEA

Hareide diuntungkan dengan kembalinya penyerang Yussuf Poulsen yang sudah selesai menjalani akumulasi kartu kuning bisa menjadi pelecut semangat Denmark malam ini. (*)

Prediksi Susunan Pemain:
Kroasia: Danijel Subasic; Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic; Ivan Rakitic, Milan Badelj; Ante Rebic, Luka Modric, Ivan Perisic; Mario Mandzukic

Denmark: Kasper Schmeichel; Jens Stryger Larsen, Andreas Christensen, Simon Kjaer, Henrik Dalsgaard; Lasse Schone, Thomas Delaney; Pione Sisto, Christian Eriksen, Yussuf Yurary Poulsen; Nicolai Jorgensen.

Penulis: Agusmanto