Fakta Unik Jelang Babak 16 Besar Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018
Piala Dunia 2018 (FIFA)

KLIKPOSITIF -- Fase grup Piala Dunia 2018 selesai digelar. Juara dan runner-up dari kedelapan grup kini akan bertarung di babak 16 besar yang dimulai Jumat (30/6) malam WIB. Kolombia dan Jepang menjadi tim terakhir yang memastikan tiket ke babak 16 besar.

Keduanya lolos dramatis. Kolombia melaju usai menang 1-0 atas Senegal. Sedangkan Jepang melenggang dengan cara unik. Mereka memiliki poin, selisih gol dan produktivitas yang sama dengan Senegal. Penentuan tim yang lolos akhirnya dilakukan berdasarkan fair play.

baca juga: Persiapan Untuk Arungi Liga 3, Gasliko Seleksi Seratusan Pemain

Jepang lolos karena memperoleh kartu kuning lebih sedikit daripada Senegal. Kejutan besar juga mewarnai fase grup Piala Dunia 2018, Jerman tersingkir dan hanya jadi juru kunci. Sedangkan, Argentina nyaris gagal lolos. (*)

Berikut sejumlah fakta menarik jelang babak 16 besar Piala Dunia 2018:

  • Untuk pertama kalinya sejak diadakannya babak 16 besar pada Piala Dunia 1986, tidak ada wakil Afrika yang tampil di perdelapan final.
  • Jepang menjadi tim pertama yang lolos berkat peraturan Fair Play. Sedangkan, Senegal menjadi tim pertama korban peraturan Fair Play.
  • Tak ada pemain Bayern Munchen yang mampu mencetak gol di Piala Dunia 2018 hingga fase grup berakhir
  • Jepang merupakan satu-satunya wakil Asia di babak 16 besar
  • Lionel Messi menjadi pemain pertama yang mencetak gol di Piala Dunia saat remaja, berusia dua puluhan dan di usia tiga puluhan
  • Untuk pertama kalinya dalam 15 penampilan di Piala Dunia , Inggris gagal meraih clean sheet di putaran pertama
  • Tunisia menjadi satu-satunya tim di Piala Dunia 2018 yang memainkan ke-23 pemain yang dibawa ke Rusia
  • Sepanjang sejarah baru ada dua tim yang menurunkan semua pemainnya yang dibawa di Piala Dunia . Sebelumnya ada Belanda di tahun 2014.

sumber: FIFA , opta, bola.com

baca juga: Demi Memperjuangkan Ezra Walian ke FIFA, Ini Langkah yang Dilakukan PSSI

Penulis: Agusmanto