Ini Fakta-fakta Pertandingan Jerman vs Korea Selatan

Pemain Jerman yang berjalan lesu diantara euphoria pemain Korea Selatan.
Pemain Jerman yang berjalan lesu diantara euphoria pemain Korea Selatan. (FIFA)

KLIKPOSITIF -- Jerman memang mengejutkan banyak pihak setelah gagal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Seperti sudah ditakdirkan, sang juara di edisi ke-20 Piala Dunia tersebut harus dipercundangi untuk pertama kalinya oleh negara dari Asia.

Tidak hanya itu, kutukan juara bertahan yang tumbang di fase grup juga berlaku untuk Jerman. Sejak edisi Piala Dunia 1998 hingga sekarang, kutukan itu masih ada. Contohnya, Prancis yang juara di 1998, gagal di fase grup Piala Dunia 2002, begitu juga Italia (2010) dan Spanyol (2014).

baca juga: Persiapan Untuk Arungi Liga 3, Gasliko Seleksi Seratusan Pemain

Di laga terakhir Grup F Piala Dunia 2018, Jerman berhadapan dengan Korea Selatan. Pada laga tersebut gawang Jerman kebobolan dua gol menjelang akhir laga. Gol Korsel tersebut dicetak oleh Young-Gwon Kim dan Heung-Min Son.

Hasil tersebut membuat Jerman gagal ke babak 16 besar dan berada di posisi buncit klasemen Grup F setelah hanya memiliki tiga poin. Sementara, Korsel juga meski menang mereka juga gagal lolos ke babak 16 besar dengan raihan tiga poin dan berada di posisi tiga klasemen. (*)

baca juga: Demi Memperjuangkan Ezra Walian ke FIFA, Ini Langkah yang Dilakukan PSSI

Berikut adalah fakta-fakta di pertandingan Jerman vs Korea Selatan:

  • Jerman adalah juara bertahan keempat yang tersingkir dari panggung Grup di Piala Dunia dalam lima turnamen terakhir (sebelumnya Prancis 2002, Italia 2010, Spanyol 2014).
  • Ini adalah kedua kalinya Jerman tersingkir dari fase pertama di Piala Dunia setelah terakhir terjadi pada tahun 1938 - namun, ini adalah pertama kalinya terjadi ketika telah dalam format babak grup.
  • Korea Selatan telah tersingkir dari babak penyisihan grup di Piala Dunia berturut-turut untuk pertama kalinya sejak lima penampilan pertama mereka di Piala Dunia (1954, 1986, 1990, 1994 & 1998).
  • Ini adalah kekalahan pertama Jerman melawan negara Asia dalam pertandingan Piala Dunia dalam pertandingan keenam mereka.
  • Jerman gagal mencetak gol dalam dua dari tiga pertandingan Piala Dunia mereka pada tahun 2018, sebanyak 15 gol pada pertandingan Piala Dunia sebelumnya.
  • Ini adalah clean sheet pertama Korea Selatan di Piala Dunia sejak menang 2-0 atas Yunani pada 2010; mereka telah delapan tanpa shutout sebelum pertandingan ini.
  • Korea Selatan telah mengalahkan Jerman di pertandingan Piala Dunia untuk pertama kalinya, setelah kalah dari dua pertemuan sebelumnya dalam kompetisi.

sumber: opta dan BBC

Penulis: Agusmanto