Preview: Misi 16 Besar Sang Juara Bertahan

Selebrasi pemain Timnas Jerman usai memenangkan laga melawan Swedia.
Selebrasi pemain Timnas Jerman usai memenangkan laga melawan Swedia. (FIFA)

KLIKPOSITIF -- Timnas Jerman akan coba mengamankan tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 saat menghadapi Timnas Korea Selatan (Korsel) pada matchday pamungkas Grup F di Kazan Arena, Rabu (27/6) malam WIB.

Saat ini, Jerman masih tertahan di peringkat kedua klasemen Grup F dengan poin 3 dari dua laga yang telah dijalani. Sementara, Korsel ada di peringkat buncit dengan nirpoin. Permutasi di Grup F ini memang menarik. Empat tim masih bisa lolos ke babak 16 besar, termasuk Korsel meski peluang mereka memang cukup berat.

baca juga: Kasper Schmeichel: Saya Bangga Miliki Kapten Seperti Kjaer

Di saat yang bersamaan dengan laga Korsel vs Jerman nanti malam, partai hidup mati juga akan tersaji antara Meksiko vs Swedia. Meksiko sendiri menjadi tim yang paling berpeluang besar untuk lolos dan keluar sebagai juara Grup F. Meksiko saat ini ada di puncak klasemen dengan poin sempurna 6 dari dua laga.

Sementara itu, Swedia ada di posisi ketiga. Meski demikian, jumlah poin mereka identik dengan Jerman, demikian pula dengan selisih golnya, yakni +0. Jerman sebagai juara bertahan Piala Dunia , tentu akan mati-matian untuk menjaga prestise mereka.

baca juga: Persiapan Untuk Arungi Liga 3, Gasliko Seleksi Seratusan Pemain

Menekuk Korsel dan lolos ke 16 besar jadi harga mati bagi pasukan Joachim Low, sembari mengintip peluang untuk keluar sebagai jawara Grup F. Jerman punya peluang besar untuk melakukan hal tersebut. Die Mannschaft -julukan Timnas Jerman - memang punya rekor mentereng melawan tim Asia.

Jerman dan Korsel sendiri sudah tiga kali saling berhadapan. Dua duel terjadi di Piala Dunia , sementara satu merupakan partai persabahatan. Jerman masih unggul dalam rekor pertemuan dengan memetik dua kemenangan, semuanya dicatatkan di putaran final Piala Dunia .

baca juga: Demi Memperjuangkan Ezra Walian ke FIFA, Ini Langkah yang Dilakukan PSSI

Jerman sendiri tercatat sukses memenangi lima pertemuan mereka dengan wakil Asia saat berhadapan di pentas Piala Dunia . Der Panzer -julukan Jerman lainnya- juga bisa membukukan 19 gol dalam duel-duel tersebut.

Sementara itu, Korsel tercatat tak pernah menang dalam lima pertandingan terakhir mereka di ajang Piala Dunia . Jika ditarik dari Piala Dunia 2014 lalu, Korsel selalu keok di empat pertandingan terakhir mereka di babak fase grup.

baca juga: Jelang Laga Italia vs Turki, Ini Sejarah Pertemuan Kedua Negara

Jerman takkan diperkuat centre-back utama mereka, Jerome Boateng, lantaran akumulusi kartu usai diusir wasit saat Die Mannschaft menang tipis 2-1 atas Swedia di matchday 2. Beruntung Mats Hummels yang absen lawan Swedia karena cedera, sudah pulih dan fit untuk laga kontra Korsel.

Sementara di kubu Korsel, hanya Park Jo-hoo yang dipastikan absen melawan Jerman. Selain sang fullback senior, semua penggawa Taeguk Warriors -julukan Timnas Korsel- berada dalam kondisi fit 100 persen.

Pelatih Shin Tae-yong seperti biasa akan mengandalkan bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-min, untuk mendobrak pertahanan lawan. Son akan disokong Hwang Hee-chan, attacker berusia 22 tahun yang tampil gemilang di musim 2017/2018 bersama raksasa Austria, RB Salzburg.

Seperti halnya Jerman, Korsel sendiri tentu juga akan tampil habis-habisan nanti malam. Meski peluang melenggang ke perdelapanfinal amat tipis, namun Ki Sung-yueng dan kawan-kawan jelas akan berusaha menjaga gengsi Asia di pesta sepakbola terakbar dunia. (*)

Prakiraan Susunan Pemain:
Korea Selatan: Cho Hyun-woo; Lee Yong, Jang Hyun-soo, Kim Young-gwon, Kim Min-woo; Ki Sung-yueng, Ju Se-jong; Moon Seon-min, Lee Jae-sung Il, Hwang Hee-chan; Son Heung-min.

Jerman: Neuer; Hector, Sule, Hummels, Kimmich; Gundogan, Kroos; Muller, Reus, Werner; Mario Gomez.

Penulis: Agusmanto