Asa Baru Brazil di Grup E Piala Dunia 2018

Selebrasi Neymar di laga Brazil vs Kosta Rika
Selebrasi Neymar di laga Brazil vs Kosta Rika (FIFA)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Timnas Brazil berhasil mengalahkan Kosta Rika di laga kedua Grup E yang digelar di Stadion Saint Petersburg, Jumat 22 Juni 2018 malam dengan skor 2-0.

Philippe Coutinho dan Neymar Jr tampil menjadi pahlawan di pengujung babak kedua setelah sebelumnya Kosta Rika mengepung area pertahanan dengan 10 pemainnya.

baca juga: Belum Sebulan Menjabat, Menteri Kesehatan Brazil Mengundurkan Diri

Pada awal laga, Kosta Rika nyaris memimpin lewat peluang umpan dari Cristian Gamboa di menit ke 13 ke Celso Borges. Namun tendangannya menyamping ke sisi kiri gawang.

Di menit ke 27, Gabriel Jesus sempat mencetak gol namun kemudian dianulir karena terperangkap jebakan Off Side.

baca juga: UEFA: Kalender Sepakbola Kacau sampai Tiga Tahun ke Depan, Termasuk Piala Dunia

Gol tersebut bermula dari Neymar yang diberikan pada Marcelo. Dari kaki pemain belakang tersebut, bola diteruskan ke arah gawang dan diterima oleh Gabriel Jesus.

Setelah gol yang dianulir tersebut, pertahanan Kosta Rika semakin terdesak. Brazil terus memborbardir melalui umpan passing dari Coutinho ke Neymar di menit ke 28. Namun tendangan bintang Paris Saint-Germain tersebut mudah ditahan oleh Keylor Navas.

baca juga: PSSI Berharap Piala Dunia U-20 2021 Berjalan Sesuai Jadwal

Dua menit kemudian, gantian Marcelo yang mengancam. Sebuah tendangan jarak jauh dari pemain Real Madrid tersebut melebar ke samping gawang.

Setelah itu, Coutinho mencoba peruntungan dengan tendangan yang pernah dilesatkannya saat melawan Swiss pekan lalu. Namun, lagi-lagi tertangkap oleh Navas.

baca juga: Persiapan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Terganggu, Kemenpora Tetap Optimis

Butuh waktu lama bagi Brazil menembus pertahanan Kosta Rika. Hingga akhirnya Marcelo melancarkan tendangan dengan kaki kanannya di kotak penalti, namun bola berakhir di tangan Navas.

Di babak kedua, pertandingan hanya berlangsung setengah lapangan. Brazil tidak memberikan kesempatan pada Kosta Rika untuk melakukan serangan balik.

Sejak 30 menit terakhir, Brazil melancarkan banyak serangan tapi belum satupun membuahkan gol. Salah satu peluang besar Brazil adalah tendangan Casemiro yang ditahan oleh penjaga gawang Real Madrid tersebut.

Pada 10 menit akhir waktu normal, Brazil semakin menekan hingga membuat 10 pemain Kosta Rika harus mundur menjaga gawang dengan ketat. Ternyata, pada masa injury time, tim Amerika Selatan itu kebobolan lewat tendangan Coutinho.

Laga kedua ini membuat Brazil mampu menjaga asa untuk lolos dari babak penyisihan grup setelah ditahan imbang 1-1 di laga pertama melawan Swiss, pekan lalu.

Brazil kini telah mengumpulkan empat poin, hasil dari satu imbang dan satu kemenangan serta memimpin klasemen grup. Jika Swiss menelan kekalahan di tangan Serbia, dipastikan yang akan lolos ke babak 16 besar adalah Serbia dan Brazil .

Sementara itu, Kosta Rika sudah dipastikan tersingkir, sedangkan Brazil akan menghadapi Serbia, sedangkan Kosta Rika berjumpa dengan Swiss.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa