Keputusasaan Korea Selatan di Piala Dunia 2018

Son Heungmin dihadang tiga pemain Swedia di laga pertama Grup F Piala Dunia 2018
Son Heungmin dihadang tiga pemain Swedia di laga pertama Grup F Piala Dunia 2018 (Standart)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Timnas Korea Selatan membutuhkan usaha yang keras agar bisa lolos fase Grup F setelah kalah 1-0 saat berhadapan dengan Swedia di laga pertama, pekan lalu.

Kekalahan tersebut merupakan kali keempat tim negeri ginseng di tahun ini-setelah sebelumnya dibekuk oleh Bosnia dan Herzegovina awal bulan lalu.

baca juga: Indonesia Terima Bantuan 625 Ribu Masker KF94 dari Korea Selatan

Saat melawan Swedia, Korea Selatan memilih pendekatan yang relatif menyerang. Pelatih Shin Taeyong menaruh tiga pemain depan Kim Shinwook yang diapit oleh Hwang Heechan dan Son Heungmin untuk memantapkan serangan.

Namun ternyata, upaya tersebut gagal, "Hasilnya tidak sama dengan yang kami inginkan, karena kami sudah melakukan persiapan untuk laga pembuka sejak lama," kata Son Heungmin dilansir dari laman resmi FIFA.

baca juga: Korsel Kirim Tank dan Peralatan Tempur ke Perbatasan

Bermain dengan formasi 4-3-3, Korea Selatan sama sekali gagal mengimbangi permainan Swedia. Sehingga dengan kekalahan tersebut membuat mentalitas Taeguk Warriors memburuk.

Korea Selatan sendiri saat ini menghuni posisi ke empat klasemen sementara Grup F dengan tanpa satupun poin yang sudah dikantongi.

baca juga: Otoritas Kesehatan Korsel: Pasien yang Dua Kali Positif COVID-19 Tak Lagi Menularkan Virus

Son menyebutkan saat ini suasana di dalam tim tidak cukup bagus, dan ia sendiripun mengaku sedikit frustasi karena tidak bisa mencetak gol sama sekali di pertandingan Piala Dunia tahun ini.

"Saya harus mengakui bahwa suasana di kamp tidak begitu bagus saat ini. Namun demikian, kami masih memiliki dua pertandingan untuk dimainkan dan kami harus mempersiapkan diri dengan baik dengan sikap positif," ucap pemain Tottenham Hotspur itu.

baca juga: UEFA: Kalender Sepakbola Kacau sampai Tiga Tahun ke Depan, Termasuk Piala Dunia

Setelah melawan Swedia, Korea Selatan akan berhadapan dengan Meksiko di laga kedua yang akan digelar pada Sabtu 23 Juni 2018 besok pukul 22:00 WIB di Stadion Fisht.

Laga itu kemudian juga menjadi pukulan lain bagi wakil Asia tersebut. Sebab, pemain belakang Park Jooho absen karena cedera hamstring yang diderita selama pertandingan di Nizhny Novgorod lalu.

"Dia adalah bagian penting dari tim kami sebagai veteran berpengalaman, jadi itu kerugian besar bagi kita semua," sebut Son.

Sekarang ini, tambah dia, Korea Selatan membutuhkan dukungan dari dalam dan luar lapangan. Meskipun sejujurnya Son memaparkan teman-temannya saat ini sedang berada di bawah tekanan.

"Meksiko adalah tim hebat, mereka berhasil mengalahkan Jerman, dan ini menjadi penting bagi kami. Saya pikir, fans kami akan kecewa jika kami membawa pulang kekalahan. Jadi kami harus bangkit lagi," pungkasnya kemudian.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa