Parma Promosi, "Magnificent Seven" Serie A Kembali Lengkap

Parma
Parma (parmacalcio1913)

KLIKPOSITIF -- 'Magnificent Seven' atau disebut juga "Il Sette Magnifico" di Serie A Liga Italia kembali lengkap setelah Parma tadi malam memastikan diri promosi ke kasta tertinggi kompetisi di negeri pizza.

Kepastian promosi Parma tersebut didapat usai mengalahkan Spezia 0-2, sementara pesaingnya Frosione hanya bermain imbang di pertandingan pekan ke 42 Serie B. Mereka sama-sama mengumpulkan 72 poin, namun mantan klub legenda Italia Fabio Canavaro tersebut unggul selisih gol, sehingga promosi otomatis karena menempati posisi kedua di tabel klasemen.

baca juga: Jelang Hadapi Laga Awal Liga 2 2021, Semen Padang FC Santuni Panti Sosial Anak

Parma dalam perjalanannya kembali ke Serie A setelah dinyatakan bangkrut pada akhir musim 2014, tencatat hanya membutuhkan waktu tiga tahun, dengan memulai petualangan baru dari kasta terbawah kompetisi di Italia, yakni Serie D.

Sejak berlaga di kasta terbawah tersebut, Parma dengan nama besarnya dan tetap diperkuat kapten mereka Alessandro Lucarelli berlahan kembali mengepakan sayapnya hingga pada musim 2017/2018 bertarung di kasta ke dua, dan akhirnya di penghujung musim memastikan diri kembali ke Serie A .

baca juga: Menpora Harap Liga 2 Jadi Ajang Pembinaan Timnas

Kembalinya Parma tersebut seolah akan menjadi kebangkitan hakiki Liga Italia , dimana pada musim 2018/2019 "Magnificent Seven" kembali lengkap, yakni Juventus, AC Milan, Inter Milan, Roma, Lazio, Fiorentina, dan Parma . Selain itu kekuatan baru di Italia pada era ini juga tidak bisa dikesampingkan yakni Napoli, yang pada beberapa musim terakhir selalu menguntit Juventus dalam perburuan gelar juara.

Kembali ke Parma , keberhasilan tim penghasil bibit-bibit sepakbola dunia, pada era 90-an seperti Gianlugi Bufon, Herman Crespo, hingga Fabio Cannavaro juga tidak lepas dari peran Nouvo Inizio, konglomerat lokal yang mempertahankan 30 perse saham klub.

baca juga: Menangi Derby Della Capitale, Pedro: Derby Khusus Bagi Saya

Saat ini, 60 persen saham klub dijual ke Desports Group di Tiongkok dan presiden baru klub itu, Jiang Lizhang menambahkan uang sebesar €15 juta ke dalam kas klub. Sisanya, 10 persen saham klub dipegang oleh pendukung Parma melalui crowdfunding.

Selain itu, peran sang kapten Alessandro Lucarelli juga tidak bisa dilepaskan dari kesuksesan I Crociati julukan Parma , bergabung sejak 2008, Lucarelli dengan memutuskan hengkang dari Genoa tetap setia saat klub tersebut bangkrut dan berlaga di Liga D. Ia juga menepati janjinya membawa kembali tim yang dibelanya berlaga di Serie A .

baca juga: Jelang Derby Della Capitale Lazio VS AS Roma: Lazio Tidak Terkalahkan dalam Empat Derby Terakhir

Untuk musim ini nama Emanuele Calaio juga tidak bisa dikesampingkan dalam membawa tim ini promosi. Pemian ini bermain sebanyak 35 partai, dan menciptakan 13 gol serta tiga assist. Kegemilangan Calaio diimbangi dengan konsistensi permainan dua sayap mereka, Antonio Di Gaudio dan Roberto Insigne.

Berikut skuat inti Parma yang membawa tim ini kembali ke Serie A :

Kiper: Frattali

Bek: Gazzola, Lucarelli (C), Siertalta, Iacoponi.

Tengah: Scavone, Dezi, Barlla.

Penyerang: Di Gaudio, Emanuele Calaio, Cilcretti. (*)

Penulis: Eko Fajri