Timnya Promosi, Kiper Ini Jadi Pemain Asia Tenggara Pertama di Premier League

Kiper Cardiff City asal Filipina, Neil Etheridge.
Kiper Cardiff City asal Filipina, Neil Etheridge. (internet)

KLIKPOSITIF -- Cardiff City menjadi tim kedua yang memastikan tiket promosi ke Premier League 2018-2019. Kepastian itu turut membuat bangga salah satu negara Asia Tenggara , Filipina. Pasalnya, kiper Cardiff City adalah Neil Etheridge yang merupakan pemain Timnas Filipina.

Musim ini, Etheridge tampil sebanyak 45 kali membela Cardiff di Divisi Championship. Dia membantu Cardiff menjadi salah satu tim yang paling sedikit kebobolan bersama Wolverhampton Wanderers, yakni 39 gol. Nama Etheridge pun cukup dikenal pecinta bola di tanah air karena membela Filipina di Piala AFF 2010.

baca juga: Rekrut Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners Sudah dapat Keuntungan Instan

Etheridge turut berperan membawa Cardiff meraih jatah promosi otomatis setelah bermain imbang tanpa gol melawan Reading pada pekan terakhir Divisi Championship, Minggu (6/5). Kepastian lolosnya Cardiff turut terbantu kekalahan pesaing terdekatnya, Fulham dengan skor 1-3 di kandang Birmingham City pada saat bersamaan.

Cardiff City menutup musim dengan koleksi 90 poin. Mereka berselisih 9 angka di bawah kampiun Divisi Championship 2017-2018, Wolverhampton Wanderers menjadi yang lebih dahulu memastikan promosi ke Premier League.

baca juga: Satu per Satu Mantan Anak Asuhnya Adu Nasib di Luar Negeri, Ini Kata Indra Sjafri

Keberhasilan Cardiff musim ini tak lepas dari tangan dingin sang manajer, Neil Warnock. Dia menjadi orang pertama yang mampu membawa empat tim berbeda promosi ke kasta teratas. Sebelum Cardiff City, Warnock pernah melakukannya bersama Notts County, Sheffield United dan Queens Park Rangers (QPR).

Sayangnya, harapan untuk tersaji derby Wales di Premier League musim depan terancam tak tercapai. Pasalnya, Swansea City saat ini masih berjuang menghindari degradasi. Saat ini, Swansea berada di peringkat ke-18 dengan 33 poin dari 36 laga.

baca juga: Thomas Tuchel Mulai Pimpin Sesi Latihan Chelsea

Selain Wolves dan Cardiff, masih ada satu jatah lagi promosi dari Divisi Championship.Namun, sisa satu jatah itu harus diperebutkan empat tim yang menghuni peringkat ketiga hingga keenam. Mereka masing-masing Fulham yang menutup musim dengan koleksi 88 poin, Aston Villa (83 poin), Middlesbrough (76 poin), dan Derby County (75 poin). (*)

dari berbagai sumber

baca juga: Asnawi Dapat Gaji Kecil di Ansan Greeners, Joo Chan-yong: Ia Datang dengan Mimpi Besar

Penulis: Agusmanto