Cardiff City dan Wolves Promosi ke Premier League, Stoke City Turun Kasta

Dua tim promosi Premier League, Wolves dan Cardiff City.
Dua tim promosi Premier League, Wolves dan Cardiff City. (internet)

KLIKPOSITIF -- Cardiff City kembali promosi ke Liga Primer Inggris menyusul Wolverhampton Wanderers (Wolves) setelah bermain imbang tanpa gol ketika menjamu Reading dalam pertandingan pekan ke-46 atau terakhir kompetisi Championship (Divisi II).

Dalam pertarungan di Stadion Cardiff City di Cardiff, Wales, pada Minggu malam WIB (6/5), tuan rumah sedikit lebih mendominasi jalannya pertandingan dengan penguasaan bola mencapai sekitar 55 persen.

baca juga: Liverpool Akan Berikan Kejutan Saat Lawan Klub Jack Brown

Cardiff, yang ditukangi Neil Warnock, beruntung bisa langsung promosi , tanpa melalui playoff untuk menentukan tim ketiga yang naik kasta ke Liga Primer, karena pada saat bersamaan Fulham di luar dugaan dikalahkan Birmingham City dengan skor 3-1.

Kekalahan itu menghentikan catatan hebat Fulham di kompetisi Championship yang tidak terkalahkan dalam 23 pertandingan sebelumnya. Birmingham memang harus menang demi menghindari degradasi ke League One (Divisi III).

baca juga: Merapat ke Atletico Madrid, Luis Suarez Tak Terbantahkan Sebagai Legenda Barcelona Kerena Hal Ini

Birmingham sendiri terhindar dari degradasi akibat kekalahan pada matchday terakhir itu. Namun, Barnsley dan Burton degradasi ke League One menyusul Sunderland yang telah lebih dulu dipastikan turun kasta.

Sedangkan bagi Fulham, kekalahan itu membuat tim besutan pelatih Slavia Jokanovic finis di posisi ketiga dengan nilai 88, berada di belakang Wolves yang tampil sebagai juara dengan nilai 99 dan Cardiff 90.

baca juga: Lasarte Sebut Barcelona Jadikan Luis Suarez Kambing Hitam

Peringkat ketiga hingga keenam akan menjalani playoff mulai 11 Mei mendatang untuk berebut satu tiket promosi . Di bawah Fulham ada Aston Villa dengan nilai 83, Middlesbrough 76, dan Derby County 76.

Cardiff City terakhir bertarung di Liga Primer Inggris pada musim 2013-2014 dan terdegradasi akibat finis di dasar klasemen, sedangkan Wolves terakhi tampil di Liga Primer pada musim 2011-2012 dan terdegradasi juga dengan status juru kunci.

baca juga: Setelah Messi, Kini Luis Suarez Dikhianati Bartomeu?

Dari Liga Primer, baru Stoke City yang telah dipastikan degradasi ke Championship musim depan. Dua tim lainnya di zona degradasi , Swansea City—yang juga klub Wales sebagaimana Cardiff City—dan West Bromwich Albion masih terus berjuang untuk keluar dari zona merah.(*)

sumber : Reuters

Penulis: Agusmanto