Semifinal Liga Champions, Pembuktian Empat Liga Top Eropa

Semifinalis Liga Champions 2018
Semifinalis Liga Champions 2018 (internet)

KLIKPOSITIF -- Leg kedua babak perempat final Liga Champions sudah berakhir. Bayern Munchen dan Real Madrid menyusul Liverpool dan AS Roma untuk melaju ke semifinal . Real Madrid mendapatkan kejutan saat mereka menjamu Juventus di Santiago Bernabeu.

Keunggulan 3-0 yang mereka torehkan di Turin ternyata tidak membuat mereka nyaman menjalani leg kedua. Juventus mampu unggul 2-0 di babak pertama melalui sepasang gol Mario Mandzukic. Setelah itu, Blaise Matuidi mencetak gol ketiga dan membuat Bianconeri bisa membawa laga menuju babak tambahan.

baca juga: Persiapan Untuk Arungi Liga 3, Gasliko Seleksi Seratusan Pemain

Real Madrid baru bisa bernapas lega di akhir pertandingan setelah Cristiano Ronaldo mencetak gol balasan yang membuat pertandingan berakhir dengan skor 1-3 dan agregat 4-3 untuk Real Madrid.

Di Allianz Arena, Bayern Munchen gagal menaklukkan Sevilla. 'FC Hollywood' hanya bermain imbang tanpa gol. Meski demikian, hasil ini cukup mengantar Robert Lewandowski dan kawan-kawan ke semifinal dengan keunggulan agregat 2-1.

baca juga: Jelang Laga Italia vs Turki, Ini Sejarah Pertemuan Kedua Negara

Sehari sebelumnya, Liverpool menyempurnakan kemenangan 3-0 mereka di Anfield dengan kemenangan 2-1 di markas Manchester City. Mohamed Salah dan Roberto Firmino memastikan Liverpool lolos ke babak empat besar dengan keunggulan agregat 5-1.

Liverpool jadi perwakilan tim Inggris di babak semifinal Liga Champions musim ini.Liverpool jadi perwakilan tim Inggris di babak semifinal Liga Champions musim ini.

baca juga: 2 Kali Diberi Kepercayaan Tampil Oleh Shin Tae-yong, Ini Terget Arif Satria Saat Hadapi UEA

AS Roma jadi tim yang paling mendapatkan sorotan karena membuat kejutan besar. Kalah 1-4 dari Barcelona di leg pertama, Roma mengamuk dan menghajar Barcelona dengan skor 3-0. Roma pun lolos ke babak semifinal dengan keunggulan agresivitas gol tandang.

Babak semifinal Liga Champions bakal diisi oleh Real Madrid, Bayern Munchen, Liverpool, dan AS Roma. AS Roma jadi tim paling mengejutkan di leg kedua perempat final Liga Champions . AS Roma jadi tim paling mengejutkan di leg kedua perempat final Liga Champions .

baca juga: Gagal Bawa Benevento Bertahan di Serie A, Filippo Inzaghi Jadi Pelatih baru Brescia

Semifinal kali ini juga dirasakan spesial karena empat tim dari empat liga negara yang berbeda, berhasil lolos. Real Madrid (wakil Spanyol), Bayern (Jerman), Liverpool (Inggris), dan AS Roma (Italia) sebagai tim yang lolos ke babak semifinal kali ini lumayan langka.

Dikutip dari data Opta, kejadian ini adalah kali pertama semifinalis Liga Champions berasal dari empat negara berbeda sejak 2010. Delapan tahun silam, komposisi babak empat besar diisi oleh Bayern (Jerman), Olympique Lyon (Prancis), Inter Milan (Italia), serta Barcelona (Spanyol).

Lebih mengejutkan lagi, Opta juga melansir fakta bahwa inilah pertama kalinya semifinal Liga Champions diikuti oleh peserta dari empat liga top berbarengan, yakni asal Inggris, Jerman Italia, dan Spanyol. Untuk diketahui, Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia, dan Liga Jerman adalah empat negara dengan nilai koefisien UEFA tertinggi.

Koefisien UEFA dihitung berdasar pada prestasi klub-klub sebuah negara di kompetisi antarklub Eropa. Undian partai semifinal Liga Champions akan digelar pada Jumat (13/4/2018) di Nyon, Swiss. Pertandingan laga pertama dimainkan pada 24 dan 25 April 2018, sedangkan laga kedua berlangsung pada 1 dan 2 Mei. (*)

Hasil Lengkap Leg Kedua Perempat Final Liga Champions :
Real Madrid vs Juventus 1-3
Real Madrid lolos ke semifinal dengan keunggulan agregat 4-3

Bayern Munchen vs Sevilla 0-0
Bayern Munchen lolos ke semifinal dengan keunggulan agregat 2-1

Manchester City vs Liverpool 1-2
Liverpool lolos ke semifinal dengan keunggulan agregat 5-1

AS Roma vs Barcelona 3-0
Agregat 4-4, namun AS Roma lolos karena punya keunggulan dalam gol tandang.

dari berbagai sumber

Penulis: Agusmanto