Piala Dunia 2018: Menilik Fenomena Albiceleste dan Pesona Messi

Timnas Argentina
Timnas Argentina (FIFA)

KLIKPOSITIF -- Timnas Argentina menjadi satu kekuatan yang ditakuti di Piala Dunia 2018. Tim berjuluk Albiceleste ini juga menjadi kandidat kuat menjuarai iven sepakbola empat tahunan ini. Belum lagi pesona dari mega bintang mereka, Lionel Messi diperkirakan bisa bermain meski saat ini tengah cedera.

Timnas Argentina sendiri menjadi tim terkuat di dunia bersama dengan Brazil, Spanyol dan Jerman. Meski sempat terseok di zona kualifikasi, tim asuhan Jorge Sampaoli akhirnya mampu menembus Piala Dunia ke-16 kalinya selama penyelenggaraan.

baca juga: Usai Turun ke Level Terendah, Harga Emas Dunia Mulai Bangkit

Pertandingan pertama yang pernah dicatat oleh Argentina yakni melawan Uruguay. Permainan ini diadakan di Montevideo pada tanggal 16 Mei 1901 dan Argentina menang 3-2. Selama tahun-tahun pertama keberadaannya, pertandingan persahabatan hanya melawan tim Amerika Selatan.

Argentina menjadi tim Nasional yang telah memenangkan tiga gelar pria paling penting yang diakui oleh FIFA, Piala Dunia , Piala Konfederasi dan turnamen Olimpiade. Selain itu, Argentina dikenal karena memiliki persaingan dengan Brasil, Uruguay, Jerman dan Inggris karena kejadian bersejarah di sepakbola .

baca juga: Liverpool Akan Berikan Kejutan Saat Lawan Klub Jack Brown

Sepakbola Argentina sendiri mengalami perubahan pesat setelah sempat terpuruk dalam babak kualifikasi Zona Amerika Selatan. Masuknya Sampaoli dan Higuain, yang tak dipanggil dalam babak kualifikasi, ikut mengubah wajah tim berjuluk Tango ini.

Argentina bisa lebih bergembira lagi lantaran memiliki para penyerang yang tajam. Lionel Messi semakin mendapat imbangan yang memadai dari rekan-rekannya di lapangan. Sebab, selain duet maut lini depan Juventus (Dybala-Higuain) tersebut, juga ada penyerang Manchester City, Sergio Aguero.

baca juga: Merapat ke Atletico Madrid, Luis Suarez Tak Terbantahkan Sebagai Legenda Barcelona Kerena Hal Ini

Belum lagi sederet nama yang menghias skuat Argentina , seperti Nicolas Otamendi (Manchester City), Sergi Romero (Manchester United) dan Angel Di Maria (PSG) serta nama-nama muda seperti Giovano Lo Celso (PSG), Lucas Biglia. Kemudian juga pemain veteran, Javier Mascherano (Hebei Fortune).

Negara ini memang tidak pernah memenangi Piala Dunia lagi sejak 1986. Tapi, mereka mencapai final 2014 sebelum kalah melawan Jerman. Kali ini, mereka punya peluang besar mengalahkan Jerman, Brasil, dan Spanyol untuk menjadi juara dunia .

baca juga: Harga Emas Dunia Menuju Level Terendah Akibat Penguatan Dolar

Bergabung di Grup D pada Piala Dunia 2018 bersama dengan Islandia, Kroasia dan Nigeria, Argentina disebut-sebut memiliki peluang yang sangat besar untuk lolos dari fase grup. Impian untuk meraih Piala Dunia sekaligus menyempurnakan rekor Lionel Messi semakin terbuka lebar.

Untuk peringkat, pada Maret 2007, Argentina mencapai puncak Peringkat Dunia FIFA untuk pertama kalinya. Per 15 Maret 2018 ini, Albiceleste berada di peringkat 4 FIFA. (*)

Skuad sementara Timnas Argentina :
Kiper:
Sergio Romero (Inggris - Manchester United)
Nahuel Guzman ( Argentina - Tigres)
Willy Caballero (Inggris - Chelsea)

Belakang:
Federico Fazio (Italia - AS Roma)
Ramiro Funes Mori (Inggris - Everton)
Marcos Rojo (Inggris - Manchester United)
Gabriel Mercado (Spanyol - Sevilla)
Nicolas Tagliafico (Belanda - Ajax Amsterdam)
Nicolas Otamendi (Inggris - Manchester City)

Tengah:
Leandro Paredes (Rusia - Zenit St Petersburg)
Javier Mascherano (Cina - Hebei Fortune)
Ever Banega (Spanyol - Sevilla)
Giovani Lo Celso (Prancis - Paris Saint-Germain)
Manuel Lanzini (Inggris - West Ham)
Marcos Acuna (Portugal - Sporting Lisbon)
Lucas Biglia (Italia - AC Milan)
Lionel Messi (Spanyol - Barcelona)

Depan:
Paulo Dybala (Italia - Juventus)
Sergio Aguero (Inggris - Manchester City)
Angel Di Maria (Prancis - Paris Saint-Germain)
Gonzalo Higuain (Italia - Juventus)
Diego Perotti (Italia - AS Roma)

Penulis: Agusmanto