Persiapan Asian Games, Ini Fokus Luis Milla Terhadap Timnas U-23

Pemusatan latihan Timnas di Lapangan ABC, GBK
Pemusatan latihan Timnas di Lapangan ABC, GBK (PSSI)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Pelatih Tim Nasional Indonesia U-23 menggelar pemusatan latihan sebagai persiapan Asian Games 2018 sejak 18 hingga 28 Februari mendatang.

Pemusatan latihan tersebut dilakukan di lapangan ABC, kompleks Gelora Bung Karno. Dalam latihan itu, pelatih asal Spanyol tersebut memanggil sebanyak 26 pemain.

baca juga: Lawan Uji Coba Timnas Persiapan SEA Games 2021 Alami Perubahan

Dalam latihan itu, Milla fokus pada latihan ball possession. Ia memberi menu tambahan yakni small side games untuk melatih respons dan reflek pemainnya saat menghadapi tekanan.

Menu latihan pada awal pemusatan latihan tahap dua ini belum terlalu berat karena para pemain baru saja bergabung dan butuh penyesuaian.

baca juga: Timnas Indonesia Jalani Latihan dengan Intensitas Tinggi, Sejumlah Pemain Cedera

Pemusatan latihan timnas U-23 juga dilaksanakan secara bergantian dengan timnas U-19 tahun. Dalam sesi latihan pertama timnas U-23, Rezaldi Hehanusa dan penjaga gawang Andritany Ardhiayasa belum bergabung.

Kedua pemain Persija ini mendapatkan dispensasi mengikuti kegiatan klubnya yang baru saja menjuarai Piala Presiden.

baca juga: Dipanggil Shin Tae Yong Untuk TC Timnas Persiapan SEA Games, Bagas Kaffa Bilang Begini

Sementara itu, empat pemain Bali United yang baru saja tampil di final Piala Presiden 2018, Ilija Spasojevic, Yabes Roni, I Made Andhika Wijaya, dan Ricky Fajrin masih berlatih ringan secara terpisah.

Tiga wajah baru di timnas yakni kiper Muhammad Ridho yang berasal dari klub Borneo FC, Nelson Alom dari Persebaya dan I Made Andhika Perdana Wijaya dari Bali United sudah langsung terlibat dalam sesi latihan tim.

baca juga: Kunjungi Latihan Timnas di Lapangan D Senayan Jakarta, Ini Komentar PSSI

Seperti diketahui jelang persiapan Asian Games 2018 , Milla menjalani program TC secara bertahap, yakni selama sepekan dalam setiap bulan.

Hal ini juga untuk memberikan kesempatan kepada pemain untuk tampil di kompetisi bersama klubnya.

Pada TC kali ini, Milla tidak memanggil Evan Dimas dan Ilham Udin. Keduanya diberi kesempatan untuk tampil bersama klubnya FA Selangor di Liga Malaysia pada pekan terakhir bulan ini.

Terkait dengan ini, PSSI pun sudah bersurat ke klub FA Selangor yang merespons positif.

Dalam surat balasannya, FA Selangor tetap komitmen dan akan kooperatif untuk mengizinkan Evan dan Ilham jika dipanggil untuk TC.(*)

Sumber: PSSI

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa