Jelang Laga Melawan Timnas, Islandia Butuh Adaptasi Lingkungan

Timnas Islandia saat menjalani persiapan latihan jelang laga melawan Timnas Indonesia
Timnas Islandia saat menjalani persiapan latihan jelang laga melawan Timnas Indonesia (PSSI)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Timnas Islandia telah melakukan persiapan untuk menghadapi Timnas Indonesia pada 14 Januari mendatang. Persiapan berupa latihan digelar di Stadion Sultan Agung, Bantul.

Selain persiapan strategi dan fisik, salah satu peserta Piala Dunia 2018 itu juga bekerja keras untuk beradaptasi dengan lingkungan Indonesia.

baca juga: Timnas U-16 akan TC di Bekasi, Bima Sakti Panggil 26 Pemain

Dikutip dari laman resmi PSSI, adaptasi yang dimaksud adalah dengan kondisi suhu udara, kelembaban dan cuaca. Sesi latihan mereka dipimpin langsung pelatih Helmir Hallgrimsson.

Selama persiapan, temperatur udara panas di daerah Yogyakarta dan Bantul sangat bertolak belakang dengan kondisi di Islandia dan Eropa yang sejuk dan dingin.

baca juga: Terkait Persiapan Timnas Indonesia Jelang Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, Ini Kata Indra Sjafri

Para pemain Islandia terlihat cukup kelelahan menjalani sesi latihan dan mengonsumsi air minum yang cukup banyak.

"Sesi latihan kali ini berjalan dengan baik, namun saya sepakat dengan rekan-rekan yang lain bahwa kami harus terus beradaptasi dengan suhu temperatur di Indonesia yang sangat berbeda dengan negara kami," kata Albert Gudmundsson, salah satu pemain yang juga bermain untuk klub PSV Eindhoven.

baca juga: Shin Tae Yong Pantau Asupan Makanan Pemain Timnas U-19

Latihan tim berjuluk Our Boys itu dimulai sekitar pukul 11.30 WIB. Waktu latihan ini memang tidak biasa bagi tim-tim di Indonesia yang lebih terbiasa berlatih di pagi atau sore hari.

Namun ada hal menarik yang terlihat berbeda pada peralatan latihan yang digunakan timnas Islandia dibanding alat yang digunakan mayoritas tim-tim di Indonesia.

baca juga: Timnas U16 Berencana Gelar TC Virtual

Para pemain menggunakan polar chip pada tubuh mereka yang dipantau menggunakan tablet yang terpasang di lapangan. Dari tablet yang ada, tim pelatih dapat memantau kondisi semua pemain.

Mengenai kekuatan lawan, tim pelatih Islandia mengaku sudah mengumpulkan informasi secara daring melalui internet dari beberapa video dan juga berita yang ada.

"Kami sudah cari informasi melalui internet. Tim Indonesia Selection bermaterikan para pemain terpilih oleh fans dari berbagai klub di Indonesia. Mereka tentunya pemain berkualitas," ucap asisten pelatih Islandia , Helge Kolvidsson.

Timnas Islandia yang datang dengan membawa 23 pemain akan menjajal kekuatan dari tim Indonesia Selection di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis besok.

Tiga hari berselang, kontestan Piala Dunia 2018 ini akan menguji permainan timnas Indonesia yang dipimpin oleh Luis Milla di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa