5 Transfer Mencengangkan di 2017

Paulinho Rekrutan Terbaik Barca di 2017
Paulinho Rekrutan Terbaik Barca di 2017 (Bola.com)

KLIKPOSITIF -- Perputaran uang di bursa transfer pada 2017 bisa dibilang fantastis. Banyak pemain pindah klub dengan transfer mencengangkan.

Neymar Jr menjadi buah bibir sepanjang 2017. Bukan tanpa sebab, rumor yang mengatakan dia akan didatangkan PSG dengan mahar 222 juta euro itu benar-benar terwujud.

baca juga: Januari yang Sibuk Menanti Real Madrid, Intip Pemain yang Berpotensi Masuk dan Keluar?

Beberapa nama lain juga sukses memecahkan rekor pada posisi permainannya. Ada yang berhasil, tak sedikit pula meredup lantaran terbebani dengan maharnya.

Harga mahal membuat sang pemain perlu membuktikan kualitasnya di lapangan. Publik yang akan menilai apakah dia bukan pemain yang salah untuk didatangkan.

baca juga: Kalahkan Wolverhampton, Sevilla ke Semifinal Liga Eropa

Kyle Walker

Pep Guardiola bersama Manchester City memenangi 11 dari 11 pertandingan pada awal musim lalu. Tapi, tiba-tiba goyah di tengah jalan, akhirnya berakhir tanpa gelar.

baca juga: Akhir Jeda Transfer, Semen Padang FC Resmikan Empat Pemain Sekaligus

Pep membutuhkan bantuan dalam pertahanan dan membawa Kyle Walker meski harganya mahal. Bek kanan itu dibawa dari Tottenham Hotspur dengan biaya 50 juta pound sterling.

Harga mahalnya tak membuat Walker terbebani. Dia segera memberi dampak di City, terbukti sukses menjadi potongan puzzle di lini belakang. Walker telah konsisten dengan memiliki rata-rata 1,5 tackles dan 1,1 interceptions per game. Patut diingat, dia juga memiliki 5 assist atas namanya.

baca juga: Mario Mandzukic Tinggalkan Juventus Bulan Ini?

Paulinho

Kedatangan Paulinho di Barca sempat menuai banyak kritik. Wajar, dari rumor bakal datangkan sejumlah nama hebat, El Barca justru rekrut Paulinho yang notabene dari klub Tiongkok.

Paulinho bergabung dengan klub Catalonia dengan harga 40 juta euro. Namun dia sukses membuktikan diri sebagai tim reguler di bawah Ernesto Valverde. Dia adalah komponen kunci dari formasi 4-4-2 dan telah menjalin kerja sama istimewa bersama Lionel Messi.

Gelandang Brasil itu telah mencetak 6 gol liga musim ini. Golnya bahkan lebih banyak daripada Cristiano Ronaldo, Antoine Griezmann, Alexis Sanchez dan Karim Benzema.

Simone Zaza

Fakta bahwa Valencia berada di posisi ketiga di La Liga sebagian besar bermuara pada aksi brilian Simone Zaza dan taktik pelatih baru yang ditunjuk, Marcelino. Zaza telah bangkit dan saat ini duduk di urutan keempat pada perebutan top skorer La Liga dengan 10 gol.


Angka tersebut sangat mengesankan bagi seseorang yang sempat dibuang West Ham dan Juventus. Beranjak dari Juventus ke Valencia dengan biaya 16 juta euro, Zaza telah menjadi idola baru di Mestalla.

DIa punya permainan fisik kuat yang dibarengi kualitas finishing cemerlang. Harga murahnya itu justru kini perlahan meningkat drastis berkat aksinya di Valencia.

Mohamed Salah

Pembelian rekor Liverpool telah terbukti menjadi salah satu rekrutan terbaik musim ini. Pemain asal Mesir itu tampil sensasional sejak didatangkan dengan harga 50 juta euro dari AS Roma pada musim panas dan terpilih sebagai Pemain Terbaik Liga Inggris untuk bulan November 2017.

Salah punya kemampuan untuk memotong dari sayap kanan dan salah satu aspek kunci dari permainan The Reds. Kerja samanya dengan Philippe Coutinho, Roberto Firmino, dan Sadio Mane begitu istimewa.

Saat ini dia merupakan pencetak gol terbanyak kedua Premier League dengan 15 gol. Istimewanya, Salah juga menjadi pemain pertama yang telah mencetak lebih dari 20 gol untuk Liverpool sejak Luis Suarez.

Neymar

Punya predikat pemain termahal di dunia tidak membuat Neymar terbebani. Dia muncul sebagai pahlawan buat PSG yang tengah duduk cantik di puncak klasemen Ligue 1 dengan 16 kemenangan dalam 19 pertandingan.

Dia memiliki pemahaman yang hebat dengan sebagian besar rekan setimnya, meski sempat bersitegang dengan Edinson Cavani karena penalti dalam kemenangan 2-0 atas Lyon. Dengan total 17 gol dan 12 assist di semua kompetisi musim ini, Neymar terlihat siap untuk bawa PSG raih gelar Liga Champions yang diimpikan.

Andai terwujud, Neymar bisa raih ambisi pribadinya memenangkan Ballon d'Or. Mungkinkah? Bisa jadi andai si pemain selalu konsisten sampai akhir musim. 

Sumber: bola.com

Penulis: Rezka Delpiera