Pemakaian GBK untuk Laga Timnas vs Islandia Direstui Kementerian PUPR

Kunjungan PSSI ke stadion Gelora Bung Karno beberapa waktu lalu
Kunjungan PSSI ke stadion Gelora Bung Karno beberapa waktu lalu (PSSI)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah memberikan lampu hijau pada Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia ( PSSI ), untuk menggunakan stadion Gelora Bung Karno pada laga Timnas melawan Islandia , Januari mendatang.

" PSSI sangat berterima kasih atas perhatian dari kementerian PUPR serta pihak PPK GBK untuk dapat menyukseskan laga 14 Januari mendatang," kata Sekretaris Jenderal PSSI , Ratu Tisha Destria.

baca juga: Menpora: Ada Tidaknya Penonton di Piala Dunia U-20 Tergantung FIFA

Terkait dengan izin yang diberikan pemerintah tersebut, PSSI rencananya akan membuat simulasi pelaksanaan pertandingan, khususnya pengaturan dan pola pengamanan suporter pada awal bulan Januari mendatang.

"Kami telah melihat bersama-sama proses tahap akhir pembangunan dan renovasi Stadion GBK. Kondisi GBK secara fungsi pertandingan yang meliputi area pemain dan ofisial sudah siap 100 persen. Sementara untuk fungsi yang terkait penonton sudah 90 persen," jelas Ratu.

baca juga: Pemkab Pessel Terima Hibah Jalan Desa dan Hak Pengelolaan Jaringan SPAM Senilai Rp20,2 Milyar dari Pusat

Meski belum total rampung, Ratu mengaku berjanji akan menjaga kebersihan dan keutuhan properti stadion pasca pertandingan tersebut.

"Tentunya kita juga harus menjaga fasilitas dan kenyamanan stadion yang baru dibangun dan direnovasi ini. Kita bersama-sama juga menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan," ucap dia.

baca juga: PSSI: Klub-klub Luar Pulau Jawa Setuju Liga 1 2020 Terpusat di Yogyakarta

Terkait dengan itu, rencananya PSSI akan melaksanakan simulasi pengaturan suporter, mulai dari pintu masuk kompleks GBK, tempat parkir, sampai menuju pintu masuk stadion.

"Selain itu, PSSI juga akan mensimulasikan pola pengamanan suporter dari luar area stadion hingga di dalam stadion," pungkasnya kemudian.(*)

baca juga: Egy Maulana Dikabarkan Bakal Dilepas Lechia Gdansk, Tiga Klub Eropa Mengintai

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa