Persik Kendal Punya Peluang Besar Naik ke Liga 2

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Persik Kendal memiliki peluang yang lapang untuk melaju ke partai puncak Liga 3 sekaligus memastikan tiket promosi ke Liga 2.

Tim polesan pelatih Achmad Yasin ini akan menghadapi tantangan Aceh United di depan pendukung mereka di Stadion Kebondalem, Kendal, Jawa Tengah, Jumat (15/12).

baca juga: PSSI Pastikan Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 Dilanjutkan Pada Oktober 2020

Kompetisi liga 3 telah memasuki babak semifinal, dimana pada babak ini, empat tim semakin bersaing untuk mendapatkan tiga tiket promosi agar bisa berlaga di liga 2.

Adapun mereka yang bersaing itu adalah Aceh United, Persik Kendal, PSAD Balikpapan, dan Blitar United. Penentuan ini terjadi setelah mereka menyelesaikan laga babak delapan besar, pada hari Rabu lalu.

baca juga: Babak 8 Besar Liga 3 akan Dimulai Besok

"Kami tinggal selangkah lagi menuju partai final dan tiket Liga 2. Kami berharap dukungan besar suporter membantu jalan kami untuk mewujudkan mimpi ini," kata Achmad Yasin.

Persik Kendal masuk semi final dengan dukungan suporter yang selalu memadati Stadion Kebondalem Kendal. Mereka memang berada di peringkat kedua setelah Maung Anom di putaran penyisihan grup babak 32 besar.

baca juga: Jelang Laga Kontra Persiba Bantul, SEL 50 FC Ziarah ke Makam Tan Malaka

Pada babak 16 besar tim yang pernah tampil di liga elite Indonesia Deltras Sidoarjo dihajar 3-1. Mereka juga mengalahkan Persitangsel 2-0 di babak 8 besar.

Lain halnya dengan lawan mereka, Aceh United. Persik lebih modern, karena sudah mulai menerapkan formasi 4-3-3 dengan komposisi pemain yang memiliki kemampuan merata disetiap lini. Ini merupakan kekuatan utama tim ini.

baca juga: Liga 3 Pra Putaran Nasional 2019: SEL 50 FC Ditaklukan PS Tiga Naga di Kandang Sendiri

Aceh United dibawah pelatih kepala Ansyari Lubis yang notabene adalah mantan pemain tim nasional Indonesia era 90’an ini mengawali langkahnya dari babak play off nasional liga 3 , langkah tim ini semakin cemerlang karena bisa keluar sebagai juara grup B pada putaran grup babak 32 besar liga 3 .

Berikutnya di babak 16 besar giliran PSDS Deli Serdang merasakan kekuatan mereka dan harus mengakui kekalahan dengan skor 3-2.

Di babak 8 besar, Aceh United berhasil menang tipis atas tim kuat Persibo Bojonegoro dengan skor 2-1 untuk selanjutnya mereka bisa masuk babak semifinal.

Aceh United lebih memilih formasi klasik 4-4-2 yang memang menjadi kekuat penting mereka selama mengarungi lautan kompetisi liga 3 dan kemungkinan ini adalah strategi baku yang akan diterapkan di laga semifinal.

Mengenai persiapan tim dan kekuatan tim untuk berlaga di semifinal, pelatih kepala Aceh United, Ansyari Lubis mengatakan kesiapan timnya melawan tuan rumah Persik Kendal.

"Bagi kami, setiap pertandingan adalah final. Begitu juga saat melawan Persik Kendal," ucapnya. "Terpenting adalah bahwa anak- anak harus tetap menjaga kebugaran agar nantinya bisa tampil prima saat melawan Persik dan bisa mencuri kemenangan," sambungnya.

Semifinal lainnya akan mempertemukan PSAD Balikpapan dengan Blitar United. Laga ini akan digelar di Stadion Gelora Bumi Kartini Jepara.

PSAD Balikpapan berada di posisi kedua dibawah Perse Ende saat babak 32 besar, namun di babak 16 besar, mereka bisa membuktikan diri bahwa memang pantas meneruskan langkah di kompetisi liga 3 dengan menghajar PS Bintan Kepri dengan skor 2-0.

Berikutnya, di babak 8 besar, juara grup Perse Ende saat di babak 32 besar dihentikan langkahnya dengan kemenangan tipis 1-0.

Serupa dengan Persik, formasi yang dipakai oleh PSAD Balikpapan ini adalah 4-3-3 dimana mereka menekankan kekuatan lini tengahnya dengan hasil kemenangan, tanpa terlalu mementingkan jumlah gol yang banyak. Bermain efektif, itulah tipe permainan mereka.

Blitar United akan memakai formasi klasik 4-2-4. "Saya melihat laga semifinal ini yang menentukan adalah siapa yang bekerja lebih keras dia yang akan tampil sebagai pemenang," ungkap pelatih Blitar United, Gatot Mulbajadi.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa