AFC Naikkan Hadiah untuk Peserta Liga Champions Asia dan AFC Cup

Pembagian grup Liga Champions Asia 2018
Pembagian grup Liga Champions Asia 2018 (AFC)

KLIKPOSITIF -- AFC memutuskan untuk menaikkan nominal hadiah bagi para juara Liga Champions Asia dan Piala AFC 2018. Keputusan itu diyakini akan membuat dua kompetisi antarklub Asia tersebut kian menarik untuk ditunggu.

Dilansir dari laman AFC , juara Liga Champions Asia akan menerima USD 4 juta atau lebih dari Rp54 miliar. Angka ini naik dari tahun lalu, sebab tim Jepang Urawa Red Diamonds hanya menerima 3 juta Dollar AS usai mengalahkan Al Hilal di partai final.

baca juga: Liverpool Akan Berikan Kejutan Saat Lawan Klub Jack Brown

Di level Piala AFC , juara musim 2018 mendatang akan mendapat hadiah uang sebesar 1,5 juta Dollar AS (Rp 20,3 miliar). Jumlahnya hanya bertambah 500 ribu dollar setelah tim asal Irak Al-Quwa Al-Jawiya menyabet dua gelar berturut-turut.

"Ada kenaikan prize money di setiap babak dalam Liga Champions AFC yang sudah menjadi salah satu kompetisi klub kontinental terkaya di sepak bola dunia," ujar Sekjen AFC , Dato' Windsor John.

baca juga: Merapat ke Atletico Madrid, Luis Suarez Tak Terbantahkan Sebagai Legenda Barcelona Kerena Hal Ini

Dato' Windsor John juga melihat Piala AFC telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam upayanya memenuhi visi dan misi induk organisasi sepak bola Asia . Dia puas AFC berhasil menampilkan kompetisi kelas dunia yang berisikan pemain terbaik Asia .

"Salah satu keputusan utama kami adalah berinvestasi di kedua kompetisi ini, yang merupakan sumber kehidupan bagi setiap konfederasi dan negara anggota kami yang sudah menyediakan tim. Kami sudah bisa melihat dampak dengan standar yang lebih tinggi dan intensitas yang lebih besar dalam kompetisi ini," katanya.

baca juga: Lasarte Sebut Barcelona Jadikan Luis Suarez Kambing Hitam

" AFC selalu mencari kesuksesan dan kami juga berdedikasi untuk menumbuhkan kompetisi kami. Sekarang kami percaya bahwa pada tahun 2018, insentif untuk memenangkan dua kompetisi klub utama kami akan lebih besar dari sebelumnya," ucap Dato' Windsor John.

Bukan hanya soal hadiah juara, tim-tim peserta Liga Champions Asia juga akan mendapat subsidi selama melakoni partai tandang. Hal ini berlaku untuk klub yang dapat melangkah ke babak 16 besar.

baca juga: Setelah Messi, Kini Luis Suarez Dikhianati Bartomeu?

Mulai babak 16 besar, AFC mengucurkan subsidi biaya perjalanan 100.000 Dollar AS. Jika sebuah tim lolos ke perempatfinal, AFC kembali menyuntikan dana 150 ribu dollar. Jika ditotal sebuah tim mendapat 250.000 ribu Dollar AS (Rp 3,38 miliar) hingga final. (*)

sumber: AFC dan bola.com

Penulis: Agusmanto