Jelang Asian Games 2018, Timnas Indonesia Bersiap untuk AWSTC 2017

Luis Milla saat latihan bersama Timnas.
Luis Milla saat latihan bersama Timnas. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Luis Milla membawa 24 pemain Timnas Indonesia untuk mengikuti turnamen Aceh World Solidarity Tsunami Cup (AWSTC) 2017 yang akan digelar di Banda Aceh pada 2 hingga 6 Desember 2017. Iven ini akan menjadi laga ujicoba terakhir tim menjelang Asian Games 2018.

Sesuai rencana awal, Luis Milla juga membawa tiga pemain senior mengikuti turnamen tersebut untuk melihat komposisi tim. Setelah menjalani tiga laga uji coba pada November 2017, Timnas Indonesia akan mengikuti AWSTC 2017 yang digelar di Aceh dan diikuti tiga negara lain seperti, Kyrgiztan, Mongolia dan Brunei.

baca juga: Ada'Made in Indonesia' di Jersey Baru Inter Milan Musim Depan

Awalnya, Luis Milla berpikir membawa 25 pemain ke Aceh. Namun, akhirnya pelatih asal Spanyol itu membawa 24 pemain dengan tiga pemain di antaranya pemain senior. Kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, bek tengah Madura United, Fachruddin Aryanto dan Ilija Spasojevic.

Sekjen PSSI , Ratu Tisha Destria, menekankan turnamen di Aceh ini untuk melanjutkan persiapan Timnas Indonesia yang akan tampil di Asian Games pada Agustus 2018. "Ajang ini menjadi persiapan menuju Asian Games 2018. Hal ini juga menjadi bentuk dukungan PSSI untuk masyarakat Aceh," ujar Ratu Tisha.

baca juga: Liverpool Juara Liga Inggris, Ini Prediksi Hadiah Uang yang Dikantongi

Sementara itu, Luis Milla menyebut, turnamen di Banda Aceh ini akan menjadi tempat baginya untuk menganalisis pemain yang dimilikinya dengan tujuan agar Timnas Indonesia benar-benar bisa siap dengan komposisi terbaik di Asian Games 2018.

"Kami akan melanjutkan pekerjaan kami di sana. Kami akan menggunakan semaksimal mungkin ajang ini untuk menganalisis para pemain. Intinya, kami ingin pemain terus memperlihatkan kemajuan yang bagus dalam banyak hal dan permainan mereka bisa sesuai dengan apa yang kami inginkan," ujar Luis Milla.

baca juga: Menpora: Ada Tidaknya Penonton di Piala Dunia U-20 Tergantung FIFA

Kombinasi 21 pemain U-23 dan tiga pemain senior ini digunakan oleh Timnas Indonesia sebagai adaptasi mengingat regulasi yang sama juga akan diterapkan pada Asian Games 2018. Pada AWSTC 2017, Timnas Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam pada laga perdana Sabtu (2/12) malam.

Dua hari berselang, giliran Mongolia yang menjadi lawan. Pada laga pamungkas, Tim Merah Putih akan menghadapi Kyrgyztan. Keseluruhan pertandingan digelar di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. (*)

baca juga: Inter Pesta Gol Lawan Brescia dan Hasil Lain Serie A Semalam

sumber: bola.com

Penulis: Agusmanto