Dua Gol Ilija Spasojevic Bawa Timnas Indonesia Menang Atas Guyana

Ilija Spasojevic
Ilija Spasojevic (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Dua gol dari pemain naturalisasi Indonesia, Ilija Spasojevic berhasil membawa Tim Nasional (Timnas) Indonesia unggul dengan skor tipis 2-1 melawan Guyana dalam laga ujicoba di Stadion Patriot Chandrabhaga, Sabtu (25/11) malam.

Meski sempat ketinggalan terlebih dahulu, Timnas yang didominasi oleh para pemain dari Timnas U-23 ini ternyata mampu mengejar ketinggalan mereka. Bahkan, di babak kedua, Timnas malah menguasai pertandingan dan mampu mengungguli Guyana dengan skor 2-1.

baca juga: Ada'Made in Indonesia' di Jersey Baru Inter Milan Musim Depan

Sejak babak pertama, permainan Timnas Indonesia tidak begitu terlihat menonjol. Sebaliknya, Guyana terlihat bermain dominan dan menguasai permainan. Akhirnya, serangan yang dilakukan oleh negara yang berada di Amerika Utara tersebut membuahkan hasil.

Shaquille Agard berhasil mencatatkan namanya di papan skor setelah berhasil membobol gawang Awan Setho Rahardjo di menit ke-9. Pemain Durham United di Liga Utama Guyana tersebut melakukan solo run dengan melewati I Putu Gede dan melesatkan tendangan ke sisi kanan Awan Setho. Skor berubah menjadi 0-1.

baca juga: Liverpool Juara Liga Inggris, Ini Prediksi Hadiah Uang yang Dikantongi

Ketinggalan satu gol membuat anak asuh Luis Milla Aspas bermain lebih ngotot. Serangan demi serangan yang dibangun oleh Osvaldo Haay dan Febri Hariyadi pun masih tertahan di lini belakang Guyana. Begitu juga dengan upaya yang dilakukan oleh Septian David dan Evan Dimas.

Namun, gol balasan yang ditunggu Timnas Indonesia pun akhirnya datang juga. Serangan cepat dari sisi sayap kiri melalui Febri Hariyadi mampu mengcecoh pemain belakang Guyana. Tembakan yang dilakukannya mengenai tangan. Wasit pun menunjuk titik putih.

baca juga: Menpora: Ada Tidaknya Penonton di Piala Dunia U-20 Tergantung FIFA

Spaso yang dipercayai untuk menendang tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Pemain asal Montenegro yang menjalani debut keduanya di Timnas Indonesia setelah dinaturalisasi berhasil mencetak gol. Timnas pun berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Skor pun bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Timnas Indonesia pun bermain lebih percaya diri. Alhasil, sepanjang pertandingan pun Timnas berhasil melakukan dominasi. Spaso pun kembali mencatatkan nama di papan skor setelah menciptakan gol kedua di menit ke-79 lewat umpan cantik dari M. Arfan.

baca juga: Inter Pesta Gol Lawan Brescia dan Hasil Lain Serie A Semalam

Hingga peluit akhir pertandingan ditiup, Timnas Indonesia pun berhasil menang dengan skor tipis 2-1 atas Guyana. Dengan raihan ini, Spaso pun membuktikan debutnya dengan baik sebagai pemain naturalisasi. (*)

Penulis: Agusmanto