Timnas U-19 Dapat Dukungan Ratusan Suporter di Korsel

Suporter Timnas Indonesia.
Suporter Timnas Indonesia. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Timnas Indonesia U-19 dipastikan tidak akan sendirian dalam menjalani kualifikasi Piala Asia U-19 2018 "> 2018 "> 2018 "> 2018 yang dimulai Selasa (31/10) hingga 8 November 2017. Pasalnya, suporter alias pemain ke-12 sudah siap mendampingi Tim Garuda Nusantara dalam setiap pertandingan di Paju, Korea Selatan.

Sejak beberapa hari terakhir, KBRI Seoul sudah menyebar kabar termasuk melalui media sosial, Timnas Indonesia U-19 akan menjalani beberapa pertandingan di Paju, kota yang terletak sekitar 28 kilometer dari Seoul.

baca juga: Situasi Kemanusiaan di Afghanistan Memburuk, Jokowi : Kami Siap Memfasilitasi Dialog Antara Ulama

Salah satu koordinator untuk wilayah Ansan, Ian Saputra, mengungkapkan hingga Senin (30/10) malam, respons warga negara Indonesia di beberapa kota di Korea Selatan cukup positif. Mungkin akan ada sekitar 300-an suporter yang gabung untuk mendukung timnas saat melawan Brunei.

"Mereka datang dari berbagai kota, semisal Seoul, Incheon, Ansan, dan Daegu. Tapi, karena hari kerja, jumlahnya mungkin tak sebanyak weekend. Saat melawan Korea, Sabtu (4/11), jumlahnya bisa jauh lebih banyak, mencapai ribuan," tutur Ian.

baca juga: Kabar Baik, Penerbangan Indonesia Bisa Langsung ke Arab Mulai 1 Desember Mendatang

Ian mengungkapkan bila warga negara Indonesia yang berada di Korea Selatan rata-rata bekerja sebagai karyawan, pekerja hingga mahasiswa sehingga sama seperti halnya di Indonesia , mereka harus beraktivitas rutin di saat weekday.

Khusus untuk pertandingan pertama melawan Brunei Darussalam, Ian menuturkan suporter Indonesia tidak dikenai biaya tiket alias gratis karena ditanggung sepenuhnya oleh KBRI Seoul.

baca juga: Jamu PSG, City Berhasil Amankan Tiga Poin

Dubes RI Seoul, Umar Hadi, juga dikabarkan akan ikut menyaksikan langsung pertandingan pertama Timnas Indonesia U-19 ini yang dimulai jam 15.00 waktu Korea Selatan. Sebagai catatan, waktu di Korea Selatan lebih cepat dua jam ketimbang waktu Indonesia barat (WIB).

"Teman-teman yang ingin menyaksikan pertandingan melawan Brunei berkumpul di titik-titik penjemputan, seperti di KBRI Seoul, di Incheon, dan di Ansan untuk kemudian berangkat bersama jam 13.00 waktu Korsel, menggunakan bus yang sudah disediakan," tutur Ian.

baca juga: Manajer Semen Padang FC Resmi Mengundurkan Diri

Layaknya suporter Tim Merah-Putih yang terkenal total dalam memberi dukungan, fans Tim Garuda Nusantara di Negeri Gingseng diharapkan juga membawa aksesoris khas suporter agar suasana lebih hidup saat memberikan dukungan.

"Nanti pasti akan meriah meski jumlah kami mungkin tak sampai ribuan. Kami juga membawa tim make-up yang siap melukis wajah dan tubuh teman-teman suporter agar lebih terasa dukungannya. Kami ingin menunjukkan bila kami hadir untuk memberikan dukungan buat Timnas Indonesia U-19," kata Ian. (*)

sumber: bola.com

Penulis: Agusmanto