Wakili Sumbar, Semen Padang U17 Bawa 24 Pemain Berlaga di Piala Soeratin

Direktur Komersial PT Semen Padang Pudjo Suseno melepas official dan pemain Semen Padang U17 untuk berlaga di Piala Soeratin sebagai wakil Sumatera Barat, Selasa (10/10)
Direktur Komersial PT Semen Padang Pudjo Suseno melepas official dan pemain Semen Padang U17 untuk berlaga di Piala Soeratin sebagai wakil Sumatera Barat, Selasa (10/10) (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) kembali menggelar turnamen sepak bola usia muda, Piala Soeratin 2017 U-15 dan U-17. Turnamen yang bertajuk National Youth Championship Pertamina Piala Soeratin ini akan menggelar putaran finalnya mulai 14 Oktober mendatang di Magelang dan DIY Yogyakarta.

PSSI menggunakan tiga stadion yakni Stadion Sapta Marga, Gatot Subroto, dan Gemilang untuk pertandingan di Magelang. Sementara untuk laga di Yogyakarta, ada lima stadion yang dipakai, yaitu Stadion Tridadi, Pancasila UGM, Dwi Windu, Sultan Agung, dan Maguwoharjo. Total ada 30 tim di kategori U-15 dan 32 tim pada kategori U-17 nantinya akan bersaing memperebutkan gelar juara.

baca juga: Semen Padang Ajak Karyawan Terapkan Protokol Kesehatan

Dari undian yang dilakukan pada akhir pekan lalu di Hotel Asana Kawanua, Cempaka Putih, Jakarta. Seman Padang U17 yang mewakili Sumatera Barat, tergabung di Grup F, satu grup dengan Bengkulu, Maluku Utara, Bali.

Semen Padang U17 dalam menghadapi piala Soeratin tersebut telah mempersiapkan diri sejak beberapa bulan terakhir dengan melaksanakan beberapa uji coba di melawan tim-tim junior di Sumatera Barat, dan pada Selasa (10/10) tim yang asuh Dian Rama Saputra ini mulai bertolak ke DIY Yogyakarta melalui jalur darat.

baca juga: Pencari Kerja di Pariaman Meningkat

Sebelum keberangkatan 24 pemain usia muda yang mewakili Sumatera Barat di kejuaraan tersebut, juga dilaksanakan pelepasan pemain dan official tim oleh Direktur Komersial PT Semen Padang Pudjo Suseno, di ruang rapat lantai 1 kantor pusar perusahaan BUMN ini.

Tidak hanya pemain Semen Padang U17 juga membawa Manager Tim Syafrianto Rusli, Pelatih Kepala Dian Rama Saputra, Asisten Pelatih Rian Damara, Pelatih Kiper Kemal Pasha, Pelatih Fisik Zulmaidi Ben,

baca juga: Prabowo Bakal Dilantik Kembali Jadi Ketum Gerindra

Komut PT KSSP, Pudjo Suseno mengatakan, bawa para pemain yang berangkat tersebut tidak hanya akan membawa nama Semen Padang FC, tetapi juga nama Sumatera Barat ke pentas Nasional . Menurutnya, kemengan adalah harga yang selayakanya dipersembahkan oleh tim ini, untuk menjadi kebanggaan yang harus dibuktikan ditunjukkan.

"Kita harus buktikan habis-habisan, bahwa kita memang layak dan pantas untuk menjadi wakil Sumbar di pentas Nasional . Untuk itu, juara adalah harga yang pantas kita persembahkan untuk Ranah Minang ini," sebutnya.

baca juga: Gowes Siti Nurbaya, Pegiat Sepeda: Panitia Harus Perketat Tiga Titik Ini

Selain itu, Direktur Komersial PT Semen Padang ini berharap, agar para pemain dapat terus menjaga diri dalam persiapan jelang pertandingan, baik secara fisik maupun mental. Moment ini menurutnya, juga akan menjadi ajang promosi bagi PT Semen Padang dalam penjualan semen, ditengah kondisi persaingan yang semakin ketat di Indonesia saat ini.

"Kami tentunya sudah menyiapkan bonus untuk tim, jika mampu membuktikan diri dipentas nasional . Tapi para pemain jangan hanya memikirkan bonus yang akan didapatkan, karena yang terutama adalah harga diri dari tim yang akan menetukan nasib mereka kedepannya," tambahnya.

Sementara itu, Manajer Tim Semen Padang FC U17, Syafrianto Rusli mengatakan, tim SPFC nantinya akan bersaing dengan 32 tim lainnya yang terbagi dalam 8 group.

"Tim akan berangkat hari ini menuju Jogja lewat jalan darat dengan Bus Semen Padang , yang diperkirakan sampai pada tanggal 12 Oktober dan akan main pada tanggal 16 Oktober," ujarnya.

Asisten Pelatih Semen Padang U17 Rian Damara, mengatakan, sesuai arahan dari manajemen, tim akan berusaha meraih prestasi terbaik di Piala Soeratin .

"Target kita tentu juara, kami telah mempersiapkan anak-anak untuk dapat meraih prestasi terbaik, semoga perjuangan kita nantinya di setiap laga dapat meraih hasil yang maksimal.

Berikut Nama-nama Pemain Semen Padang U17 di Piala Soeratin :
Muhammad Farhan, Farel Juneo, Adithia Ilal Ihsan, Ibnu Marezamily Putra, Muhammad Zidane Junior, Irfan Ananda Putra, Surya Rafli Rizki, Novri Julianda Uhri, Restu Fernanda, Fahmi Syahputra, Aldi Askarizaldo, M Avito Arsa, Andika Putra, Fadil Al Amin, Bima Rahmatullah Amiyadi, Noval Ilham Syaputra, Jero Pratama Veroz, Ramadhiyana Sarti, Refnaldi, Muhammad Gany, Dion Rizki, Geisler Youwe, Muhammad Iqbal Maulana, Gusvio Harfiandi.


Berikut Pembagian grup Piala Soeratin U-15
Grup A : Bali, Papua, Bengkulu, Kalimantan Barat

Grup B : Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, Aceh, Sumatera Barat

Grup C : Kep Riau, Sulawesi Barat, NTB, Jawa Tengah

Grup D : Jawa Barat, Banten, Lampung, Sulawesi Utara

Grup E : Yogyakarta, Maluku, Sulawesi Selatan, Kalimantan Utara

Grup F : Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Jambi, Sumatera Utara

Grup G : Maluku Utara, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah

Grup H : DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Riau.


Pembagian Grup Piala Soeratin U-17:

Grup A: Kep Riau, Sumatera Selatan, NTB, Jawa Barat

Grup B : Lampung, Jawa Timur, NTT, Kalimantan Timur

Grup C : Kalimantan Selatan, Maluku, Kalimantan Tengah, Yogyakarta

Grup D : Jawa Tengah, Jambi, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat

Grup E : Aceh, Sumatera Utara, Sulawesi Barat, Kalimantan Utara

Grup F : Sumatera Barat, Bengkulu, Maluku Utara, Bali

Grup G : Banten, Bangka Belitung, Sulawesi Utara, Papua

Grup H : Gorontalo, Riau, DKI Jakarta, Sulawesi Tenggara (*)

Penulis: Eko Fajri