Jika Merdeka, Deretan Pemain Bintang Ini akan Mengisi Timnas Catalan

Deretan pemain bintang yang bakal ada di Timnas Catalunya.
Deretan pemain bintang yang bakal ada di Timnas Catalunya. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Pemerintah Catalonia, Senin lalu mengumumkan, setidaknya ada 90 persen warga Catalan yang memberikan suara dalam proses referendum, memilih merdeka. Dalam sebuah konferensi pers yang dikutip AFP, Jurubicara Pemerintah Daerah, Jordi Turull mengatakan, 2,02 juta warga memilih merdeka.

Barcelona menjadi klub elit yang paling aktif dalam menyuarakan kemerdekaan wilayah tersebut. Jika jadi merdeka, Catalan pun sudah memiliki tim Nasional sepakbola yang cukup kuat.

baca juga: Pemain Dirotasi, Timnas U-19 Kalah Satu Gol atas Bosnia

Walau belum berafiliasi dengan FIFA maupun UEFA, timnas Catalan sudah terbentuk sejak tahun 1904 lalu dan sudah memainkan lebih dari 200 pertandingan uji coba, termasuk melawan Brasil, Argentina dan Nigeria.

Sebanyak 70 persen anggota skuat timnas Catalan diisi oleh pemain dari Barcelona. Nama yang paling mentereng yang bisa pindah dari timnas Spanyol antara lain, Gerard Pique, Sergio Busquets, Jordi Alba, Aleix Vidal dan Cesc Fabregas.

baca juga: Liverpool Akan Berikan Kejutan Saat Lawan Klub Jack Brown

Untuk kursi pelatih, Pep Guardiola dinilai sosok yang tepat untuk menduduki jabatan itu. Loyalitasnya terhadap Catalan sering dia tunjukan dengan sikap pro-kemerdekaan.

Selain keempat nama tersebut, ada sejumlah pemain potensial lain asal Catalan. Mereka adalah Jordi Masip mantan penjaga gawang Barcelona yang saat ini berada di Real Valladolid, Kiko Casilla (Real Madrid), Marc Bartra (Borussia Dortmund) dan Bojan Krkic (Mainz 05).

baca juga: Merapat ke Atletico Madrid, Luis Suarez Tak Terbantahkan Sebagai Legenda Barcelona Kerena Hal Ini

Mantan pemain Barcelona dan juga pemain asli Catalan, Xavi Hernandez bahkan sempat melontarkan keyakinannya akan timnas Catalan. Menurut Xavi, timnas Catalan bisa berada di 15 besar peringkat dunia saat ini. (*)

Berikut susunan pemain timnas Catalan dengan formasi 4-4-2:
Kiper: Kiko Casilla (Real Madrid)
Bek: Sergi Roberto (Barcelona), Gerard Pique (Barcelona), Marc Bartra (Borussia Dortmund), Jordi Alba (Barcelona).
Gelandang: Bojan Krkic (Mainz 05), Sergio Busquets (Barcelona), Cesc Fabregas (Chelsea), Keita Balde (Monaco).
Striker: Gerard Deulofeu (Barcelona), Gerard Moreno (Espanyol)

baca juga: Lasarte Sebut Barcelona Jadikan Luis Suarez Kambing Hitam

Cadangan: Jordi Masip (Real Valladolid), Pau Lopez (Tottenham Hotspur), Aleix Vidal (Barcelona), Martín Montoya (Valencia), Jordi Amat (Real Betis), Víctor Sánchez (Espanyol), David López (Espanyol), Sergi Samper (Las Palmas), Sergio García (Espanyol), Cristian Tello (Real Betis).

sumber : bolalob.com

Penulis: Agusmanto