Tiga Kiper Ini Bersaing untuk Best FIFA Goalkeeper 2017

Tiga kandidat peraih FIFA Best Goalkeeper 2017
Tiga kandidat peraih FIFA Best Goalkeeper 2017 (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Gianluigi Buffon, Keylor Navas dan Manuel Neuer bersaing untuk meraih penghargaan Best FIFA Goalkeeper 2017. Pengumuman pemilihan ketiga pemain itu dilakukan oleh FIFA pada Jumat lalu. Ketiga nama itu sendiri dipilih melalui sebuah panel khusus yang diisi oleh sejumlah 11 nama besar yang pernah beredar di dunia sepakbola .

Diantaranya, eks kiper Manchester United Peter Schmeichel, eks kiper Arsenal David Seaman, eks kiper Juventus Angelo Peruzzi hingga eks kiper timnas Kolombia Rene Higuain. Lalu, ada pula mantan striker Argentina dan Belanda, Hernan Crespo dan Patrick Kluivert.

baca juga: Daftar Pemain Semen Padang FC Bocor di Medsos, Ini Kata Manajer SPFC

Ketiga kiper dari Juventus, Real Madrid dan Bayern Munchen itu sendiri dinilai penampilannya oleh panel tersebut dari periode 20 November 2016 hingga 2 Juli 2017. Pemenangnya akan diumumkan di London pada 23 Oktober 2017 mendatang bersamaan dengan penghargaan di kategori lainnya.

Buffon terpilih karena musim lalu dia membawa Juve meraih gelar Scudetto lagi untuk keenam kalinya secara beruntun. Ia juga sempat mencatatkan prestasi 600 menit tak kebobolan di Liga Champions, meraih 25 clean sheet di 50 pertandingan bagi klub dan negaranya selama musim 2016-17.

baca juga: Begini Format Liga 2 Musim Ini yang Disiapkan PT LIB

Sementara itu, Navas meski sempat diragukan kemampuannya, ternyata bisa membawa Madrid meraih trofi Piala Dunia Antar Klub. Ia juga tampil menawan saat membawa Los Blancos menjadi juara Liga Champions untuk kedua kalinya secara beruntun.

Lalu, Neuer juga tetap menjaga kelasnya pada musim ini. Ia membantu Bayern meraih trofi Bundesliga kelima kalinya secara beruntun musim lalu dan mencatatkan 19 clean shett dari 39 pertandingan bagi klub Bavaria tersebut. Ia juga membawa timnas Jerman meraih tiga clean sheet di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2018.

baca juga: ll English Final di 2 Kompetisi Eropa Gagal Terwujud, Arsenal Banjir Kritik

Dalam kesempatan yang sama, FIFA juga mengumumkan finalis untuk Best FIFA Women’s Player 2017. Para kandidat tersebut adalah Deyna Castellanos dari Venezuala, Carli Lloyd dari Amerika Serikat dan Lieke Martens dari Belanda.

Lalu ada pula kategori Best FIFA Women's Coach 2017. Finalisnya adalah Nils Nielsen, Gerard Precheuer dan Sarina Wiegman. Untuk kategori Best FIFA Fan Award 2017, para finalisnya adalah Borussia Dortmund, Celtic dan FC Kobenhavn. (*)

baca juga: Semen Padang Raih Penghargaan Indonesia CSR Brand Equity dari The Iconomics

sumber : bola.com

Penulis: Agusmanto